Laman

  • Home

Senin, 23 Februari 2015

Sebuah Rahasia yang Pantas untuk Dikuak



Seringkali mendengar dan membaca motivasi bahwa BISNIS yang bagus adalah bisnis yang harus segera DIMULAI. 

Nah, ini justru menjadi beban bagi para pemula untuk "memulainya" karena selama ini mereka belum ada "bayangan" mau berbisnis apa dan bisnis apa yang cocok untuk mereka. Banyak konsultan bisnsi yang kesulitan untuk menjawab sebuah pertanyaan "bisnis apa yang cocok dengan saya ?", dan kebanyakan konsultasi yang diberikan masih dalam taraf theoritis yang sulit untuk didetailkan dalam aktualisasi.

Masalah ini yang mulai menggelitik saya untuk mencari "alat bantu" baik berupa kuisioner psikologi maupun alat bantu alternatif yang lain, yaitu grafologi, yang kebetulan sudah saya pelajari cukup lama. Semuanya adalah dengan tujuan untuk "memahami" karakter dan potensi dari si penanya. Formulasi saya adalah HOKI = Keselarasan antara KARAKTER & ABILITY dalam menggarap POTENSI.

Ibarat medan magnet, potensi adalah sumber magnetnya, dan MINAT adalah medannya. Dari beberapa kasus yang saya hadapi, jika sudah terdeteksi potensi dirinya, maka ternyata minat juga merupakan refleksi dari potensi tersebut. Jadi bisa dikatakan "tanpa disadari" minat seseorang berdasar pada potensi yang dimiliki meskipun seringkali dijumpai bahwa banyak orang yang "tidak tahu" potensi diri yang sebenarnya.

KARAKTER atau sifat dapat kami deteksi dengan psikotest umum ataupun dengan grafologi, dari uji grafologi kami akan bisa melihat karakter-karakter dominan dari si penanya. Sementara ability atau kemampuan bisa kita ukur dengan wawancara dan uji akedemis atau uji praktis atas kemampuan dan keahlian kerjanya.

Jika semua ketiga informasi sudah bisa kita dapatkan maka JAWABAN dari pertanyaan "bisnis apa yang cocok dengan saya ?" bisa kita jawab dalam hitungan menit, tidak perlu menunggu hitungan hari.