Laman

  • Home

Minggu, 15 Februari 2015

Sebuah Pertanyaan Menarik, Kombinasi Pemasaran Online & Konvensional Untuk UMKM

Terima kasih atas pertanyaan Mas Riza dari UMKM Center Jawa Tengah mengenai bagaimana membuat kombinasi optimal pemasaran online dan pemasaran konvensional ?

Pertanyaan ini sangat menarik, karena UMKM kita suka "grudag-grudug" ikut-ikutan trend saat ini. Saat ini trendnya sedang Shop Online, maka semua UMKM ingin membuat shop online.

Pemasaran online dan pemasaran konvensional bagi saya adalah alternatif pilihan channel pemasaran saja, yang lebih penting adalah kita mengenal betul karakter produk yang kita produksi dan kita jual sebelum akhirnya mengenal pasar kita.

Untuk UMKM, pemasaran online dilakukan karena MURAH, jangkauan yang LUAS dan tidak butuh SDM yang banyak. Ini adalah alternatif terbaik dalam melakukan promosi sekaligus penjualan yang bersamaan, yang paling dibutuhkan adalah pelaku pemasarannya tahu benar bagaimana melakukan digital marketing yang efektif dan terarah.

Sama seperti pemasaran konvensional, produk yang dijual juga harus memiliki kriteria "pemenang" dan "berbeda" agar memudahkan pelaku pemasaran mendapatkan perhatian dari calon customer. Seringkali UMKM lupa bahwa produk yang mudah didapatkan di pasaran pun dijual secara online sehingga hasil penjualan online-nya pun kurang bagus. 

Dalam pemasaran online, memiliki website untuk wacana dan informasi juga sangat penting, karena informasi mengenai produk kita harus bisa dengan sangat mudah diakses oleh calon customer. Usaha promosi melalui online pun harus dilakukan secara terus menerus agar mesin pencari menempatkan website kita di peringkat atas.

Lantas, apakah kita tidak perlu melakukan pemasaran secara konvensionla jika kita sudah lakukan secara online. Semua kembali kepada type produk yang kita miliki dan type pasar yang akan kita bidik. 
Pada umumnya, pemasaran secara online cocok untuk produk yang sifatnya "ritail" tidak untuk produk dengan kapasitas besar. 

Jika kapasitas produksi kita sudah cukup besar dan membutuhkan pasar yang mampu membeli dalam kuantitas yang besar, pemasaran konvensional harus dilakukan. Direct proposal dan penawaran langsung kepada pasar tertentu harus kita lakukan karena kita butuh kuantitas.

Jadi, pemasaran online sangat membantu kita pada tahap awal promosi dengan melakukan sales secara bersamaan. Bukankah promosi yang paling efektif adalah sales ? Karena dengan sales customer memiliki kesempatan "berexperience" dengan produk kita. Tahap selanjutnya, pemasaran konvensional harus dilakukan ketika UMKM sudah cukup mampu untuk membiayai operasional pemasaran.

Terima kasih.