Laman

  • Home

Rabu, 01 Februari 2017

Eat & Run, Sebuah Management Food Court Concept

Persaingan bisnis yang ketat saat ini memaksa orang untuk lebih kreatif dan harus semakin unik, tak terkecuali dalam bidang pengelolaan pujasera (food court). Bisnis kuliner memang bisa dikatakan tidak pernah padam, kalo pun ada yang surut dan mati maka yang lahir dan tumbuh juga tidak kalah banyaknya.

Kreativitas memunculkan banyak ide dalam kuliner sehingga lahir kuliner-kuiliner unik yang mampu menarik perhatian masyarakat. Tidak kalah pentingnya adalah penyediaan tempat atau lahan untuk mewadahi keunikan-keunikan yang ada. Ternyata pengelolaan lahan pun bisa dibuat unik dengan konsep terbuka.

Trend saat ini adalah "warung mobile" dan hal inilah yang menjadi konten pengelolaan food court dengan konsep terbukan ini.

 

Sebuah konsep mengelola lahan yang tidak produktif

Banyak lahan di perkotaan yang belum dikelola dengan produktif, misalnya lahan parkir dan taman rekreasi kota. Lahan terbuka ini bisa disulap menjadi wisata kuliner yang luar biasa dengan kemampuan menghadirkan food truck (warung mobile) yang menarik.

Konsep ini mengkombinasikan kemampuan produksi food truck yang menarik, keunikan dan cita rasa kuliner yang menjadi daya tarik (terutama fast food) dan juga pengelolaan manajemen food court yang baik.

Mengapa hal ini harus dilakukan ?

Konsep ini memberikan benefit dari lahan terbuka yang belum tersentuh produktivitasnya, di samping menghadirkan sebuah obyek wisata kuliner yang unik dan menjadi pusat kerumunan massa. Dengan adanya kerumunan massa maka semuanya akan menjadi luar biasa dalam pengembangannya nannti.

Tujuan konsep ini adalah untuk memberikan banyak peluang usaha bagi UMKM kuliner yang nantinya tergabung di dalamnya, dimana mereka saat ini masih disibukkan dengan pemilihan tempat usaha menarik.

Kelebihan konsep ini adalah warung-warungnya yang mobile sehingga tidak perlu ada bangunan tidak permanen di lahan tersebut yang mempengaruhi estetika tempat tersebut, justru keberadaan food truck - food truck yang ada bisa menambah estetika food court tersebut.

Kunci utama dalam konsep ini adalah fabrikasi warung mobile selain dari manajemen pengelolaan food court yang baik. Dibutuhkan ketrampilan khusus dalam membangun sebuah warung mobile yang memiliki estetika yang tinggi, dan hal ini akan melibatkan banyak workshop warung mobile dan memberikan kesepatan kepada mereka untuk menikmati maraknya bisnis kuliner yang ada saat ini.

Fabrikasi Warung Mobile

Ada banyak kreativitas yang bisa dibangun dalam membuat warung mobile, dan berikut adalah contoh-contohnya:




Demikain ide-ide yang bisa kami sajikan dalam konsep pengelolaan kuliner yang ada di kota-kota besar, semoga ide ini bermanfaat.