Laman

  • Home

Sabtu, 21 Februari 2015

Biola, Alat Musik ini Diproduksi di Kudus



Biola, alat musik gesek ini ternyata diproduksi oleh UMKM di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Baik yang berbahan baku kayu maupun bambu.

Biola bambu ini mungkin merupakan hal unik yang pernah ada, meskipun belum banyak dikenal orang tapi saya yakin di masa mendatang produk ini akan mendapatkan perhatian sendiri dari kalangan tertentu.

Masalah pemasaran masih menjadi kendala utama dalam pengembangan usaha pembuatan biola ini, saat konsultasi pertama kali di sebuah pameran dengan kami sekitar 2 tahun yang lalu saya menyarankan untuk diperkenalkan terlebih dahulu ke toko musik dan sekolah musik yang ada di kota Semarang dan sekitarnya.

Untuk impian besarnya kami berharap, merk besar seperti YAMAHA siap menggandeng UMKM ini selaku vendor sementara terus didampingi bagaimana mereka memperbaiki kualitas dengan diperkenalkan dengan teknologi produksi yang tepat guna. Masalah kuantitas produksi pun harus dipersiapkan ketika pasar sudah menghendakinya.

Sebenarnya saat ini pun kualitas produksinya sudah bagus, hanya untuk standard merk besar masih perlu penyesuaian dan pendampingan.