Laman

  • Home

Selasa, 13 Februari 2018

Drive Thru Car Wash, Peluang Bisnis Yang Perlu Dipertimbangkan.

Drive Thru Car Wash, praktis dan tidak perlu menunggu terlalu lama.
Akhir-akhir ini jadi banyak yang memanfaatkan konsultasi UMKM kami, mereka bukan pelaku UMKM yang usahanya sudah berjalan melainkan teman-teman yang ingin memulai usaha dan juga yang butuh ide usaha. Mereka pun kami layani di Klinik Konsultasi kami karena tugas kami adalah membangun entrepreneurship di Jawa Tengah.

Harus diakui bahwa dalam kondisi ekonomi saat ini, tantangan dalam memulai usaha sangat besar sekali sehingga boleh dikatakan para pemula usaha harus berani berhadapan dengan resiko yang lebih besar. Bukankah jika mereka tidak merintis usaha mereka juga dalam kondisi yang terjepit?

Dalam kondisi ekonomi yang semakin berat dan persaingan usaha yang sangat ketat, memang seringkali banyak orang yang tidak bisa menemukan ide bisnis yang sesuai dengan kondisi tersebut. Dan kami mamahami hal tersebut, sehingga di sisi kami (di Rumah UMKM) kami harus selalu update dengan peluang dan perkembangan bisnis saat ini agar kami bisa membantu teman-teman yang ingin memulai usaha.

Mencoba Menangkap Issue Permasalahan Pasar

Hal yang sangat penting dalam membuat konsep bisnis adalah kepekaan kita terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pasar. Kesibukan dan keterbatasan waktu juga bisa memicu sebuah ide usaha, seperti peluang bisnis cuci mobil model drive trhru.
 
Dengan kondisi jalan yang macet dan kondisi pekerjaan yang sibuk membuat orang kehilangan waktu mereka. Mereka dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu yang sedikit yang tersisa untuk mengerjakan hal-hal yang perlu mereka lakukan atau dengan kata lain issuenya adalah membuat bisnis yang bisa melayani orang dalam hitungan menit, bukan jam apalagi membuat konsumen menunggu lama.
 
Itulah mengapa bisnis fast food akan terus berkembang, adalah karena konsumennya tidak mau menunggu lama. Demikian halnya dengan cuci mobil yang cepat, yang bisa selesai kuran dari 10 menit atau bahkan kurang dari 5 menit.
 
Outlet Ccuci Mobil Drive Thru
Di Semarang memang sudah ada yang memiliki ide ini, namun ide ini dieksekusi beberapa tahun yang lalu saat pasar belum sampai kepada kebutuhannya sehingga bisnis ini dirasakan kurang menarik. Namun ketika waktu sudah memaksa orang untuk tidak sempat menunggu hanya untuk cuci mobil, maka kebutuhan akan bisnis ini akan semakin menaik.Jadi ide yang brilliant belum tentu menguntungkan jika datangnya tidak tepat dengan kebutuhan.

Cuci mobil tanpa banyak melibatkan SDM, semua ditangani dengan mesin.
Dalam bisnis ini lokasi bisnis menjadi sangat penting. Kemampuan analisa dan kepekaan bisnis pelaku usaha dalam memilih tempat sangat dibutuhkan. Jika bisnis ini diletakkan dipinggir kota, justru tidak akan banyak dilirik orang, tetapi ketika diletakkan di dalam kota menuju entry pusat kota maka bisnis ini akan dilirik oleh banyak konsumen.

Praktis, dalam waktu kurang dari 5 menit eksterior mobil sudah bersih kembali setelah dari luar kota dan mau menghadiri rapat di kantor-kantor modern. Waktu yang sangat singkat ini akan menjadi pertimbangan utama dari konsumen untuk memanfaatkan jasa cuci mobil ini. 

Memang benar adanya, semakin ke arah depan ketika semua bisnis dihantam transformasi digital, bisnis jasa tetap akan pada tempatnya dan justru akan semakin dibutuhkan. Dan ide-ide semacam inilah yang kami sampaikan kepada teman-teman yang datang kepada kami untuk ngobrol dan konsultasi. 

Ini adalah salah satunya, masih banyak peluang-peluang bisnis yang lain yang bisa digarap dalam situasi yang berat ini. Tetap semangat!