Papa Singkong, Berkibar karena Produk Lokal.

Chasna Santoso - Owner Papa Singkong

Ketika bicara produk UMKM maka terbersit dalam pikiran kita adalah produk yang unik, lokal dan khas dari suatu daerah tertentu. Sebuah harapan yang seharusnya dipenuhi oleh para pelaku UMKM daripada nantinya harus selalu mengeluh dengan masalah pemasaran.

Sepertinya hal ini dipahami benar oleh Chasna Santoso karena sukses menghadirkan makanan lokal yang khas berupa gethuk bakar yang mulai dikenal oleh pasar dan menjadi salah satu icon oleh-oleh di kota Ungaran. Chasna Santoso pernah saya kenal sebagai pemilik brand lokal Gendhis Manis yang pernah menjadi juara Pangan Award Jateng untuk kategori minuman. 

Nah, kehadiran Papa Singkong setelah Gendhis Manis adalah satu pertanyaan menarik yang saya ajukan kepada Mbak Chasna (begitu saya memanggilnya) yang dijelaskan oleh Mbak Chasna bahwa brand Gendhi Manis masih dipertahankan, namun karena permasalahan perijinan yang rumit dan permasalahan distribusi maka brand tersebut saat ini hadir sebagai pendamping dari brand Papa Singkong yang ternyata berkembang pesat.

Outlet Papa Singkong yang sudah dikenal oleh para pelanggannya adalah yang berlokasi Jl Slamet Riyadi No 54A Genuk Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Lokasi yang sangat strategis karena dilewati jalus bus wisata dari arah selatan menuju terminal kota Ungaran. 

Papa Singkong, Berkibar karena Produk Lokal (Foto - Tribun Jateng Travel)

Sukses dengan Papa Singkong bukan berarti tugas Mbak Chasna selesai dengan telah memiliki karyawan yang mengurus oulet-nya dan bahkan outlet barunya. Justru tantangan berat sebagai seorang pengusaha baru saja dimulai, tantangan untuk bisa terus mengembangkan usahanya dan membuka outlet-outlet baru. 

Keberanian dalam mengambil keputusan membuka outlet Papa Singkong meskipun bisnis tersebut dimulai dengan modal yang sangat terbatas adalah karakter seorang entrepreneur. Semangatnya untuk belajar juga sangat luar biasa, karena saya merupakan salah satu saksi perkembangan bisnisnya. Sikap konsistensinya dalam mengelola usaha berbekal ilmu dari pengalaman kerjanya di perusahaan asing selama belasan tahun telah membawa keberhasilannya sampai saat ini.

Komitmen Papa Singkong kepada Pelanggannya.

Mungkin pertanyaan saya kepada Mbak Chasna terdengar lugu mengenai apa komitmen Papa Singkong kepada pelanggannya, mengapa? Sejak awal membangun bisnis ini Mbak Chasna sadar benar bahwa kualitas dan konsisten kualitas adalah pertimbangan paling mendasar dari Papa Singkong. SOP sederhana telah dibangun agar kualitas produk-produk Papa Singkong tetap konsisten. 

Sebagai outlet penjualan langsung, pelayanan kepada pembeli menjadi fokus perhatian. Setiap karyawan diajarkan untuk selalu ramah kepada para pembeli. Berdialog dengan pelanggan juga perlu dilakukan untuk mendapatkan kritikan dan masukan dari pelanggan.

Sebenarnya saya ingin bertanya kepada Mbak Chasna apakah sudah dipersiapkan untuk membuat franchise untuk Papa Singkong, namun sepertinya beliau saat ini sedang sibuk mempersiapkan outlet baru di daerah Ungaran juga. Saya yakin hal ini pun telah dipikirkannya, karena mulai dari HKI (trade mark) dan SOP telah dipersiapkan, dan yang terpenting contoh outlet sudah terbilang sukses dengan penjualannya. 

Sukses selalu untuk Papa Singkong, semoga bisa menjadi inspirasi dari para pelaku UMKM lainnya, bukan untuk menyamakan produknya tetapi menyamakan tekadnya untuk terus maju dan berkembang. 

Komentar

  1. PapaSingkong bener2 mantap top ,saya pengagum terberat dan akan mengikuti terus jejak langkahNya supaya bisa ketularan ilmuNya 🎇🌷🙏🌷🎇

    BalasHapus

Posting Komentar