Motivasi, Mereka Harus Tahu Apa Yang Harus Dilakukan Setelahnya.

Motivasi, Mereka Harus Tahu Apa Yang Harus Dilakukan Setelahnya.

RumahUMKM.Net terlibat kembali dalam pelatihan di BALATKOP Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah dalam pelatihan motivasi yang berlangsung di BALATKOP Jateng. Dalam kesempatan ini RumahUMKM.Net diminta untuk sharing motivasi sebagai seorang praktisi dengan teman "Menjadi Pengusaha yang Kreatif".

Materi : Menjadi Pengusaha yang Kreatif

Materi dari RumahUMKM.Net memberikan pemahaman membangun mindset kreatif dan bagaimana tahapan-tahapan membangunnya disertai dengan contoh-contoh riil. Di sesi ini pula, RumahUMKM.Net memberikan pemahaman bagaimana membangun konsep bisnis yang kreatif yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM yang menjadi peserta pelatihan ini untuk memiliki konsep-konsep bisnis yang "berbeda" dari yang telah ada sebelumnya.

Pemahaman motivasi bagi RumahUMKM.Net adalah:
  1. Memiliki visi & tujuan yang jelas.
  2. Memahami bagaimana kondisi usaha saat ini, secara cermat.
  3. Memahami permasalahan yang dihadapi dengan kondisi kesenjangan antara tujuan dan kondisi saat ini.
  4. Mampu menganalisa permasalahan yang terjadi.
  5. Memahami solusi dan tindakan yang harus dilakukan setelahnya.
Motivasi bagi kami adalah sebuah proses panjang dan terus menerus, bukan sekedar termotivasi pada saat pelatihan saja, dan tidak berlanjut saat pelatihan telah usai. Memberikan motivasi usaha adalah memberikan gambaran usaha dan rute pencapaiannya dengan jelas, serta memberikan pemahaman terbaik dan paling sederhana agar para peserta tahu dan paham apa yang akan dilakukan selanjutnya. Dengan kata lain, motivasi adalah peta perjalanan dan petunjuk perjalanan yang mudah dimengerti oleh para pelaku UMKM.

Dokumentasi Pelatihan Motivasi UMKM

Dokumentasi Pelatihan Motivasi UMKM

Dari hasil tanya jawab dengan para peserta, membuat kami bersemangat untuk membuat sebuah skema panduan usaha yang akan membaut para pelaku UMKM selalu termotivasi dan selalu paham mereka sampai dimana dan harus berbuat apa. 

Pada pelatihan yang diikuti oleh 50 peserta dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah ini, kami pada awal pelatihan sudah mengajukan pertanyaan apa yang sebenarnya mereka harapkan dari pelatihan RumahUMKM.Net kali ini, dan pada akhir sesi pelatihan pun kami tidak lupa untuk bertanya apakah apa yang mereka harapkan sudah kami penuhi, apakah mereka sudah puas? 

Dari beberapa peserta menyampaikan komentar bahwa mereka belum pernah mendapatkan pelatihan motivasi sebagaimana yang kami sampaikan kepada mereka saat ini. Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan kepada RumahUMKM.Net, kami akan hadir lebih baik dari sebelumnya. Sukses!






Komentar