Tips : Generating Income dari Instagram.

Generating Income dari Instagram.

Generating income dari Instagram? 

Topik ini menjadi menarik ketika para pengiklan baik brand besar maupun brand kecil tumpah ruah menyerbu influencer untuk mempromosikan brand mereka. Para influencer ini adalah para pemilik akun instragram dengan follower cukup potensial menjadi sebuah media promosi, biasarnya di atas 20,000 follower tetapi paling banyak di atas 100,000.

Bisnis social media publishing ini menjadi booming akhir-akhir ini, dan menjadi daya tarik tersendiri meskipun untuk menjadi influencer tentunya bukan hal yang mudah karena butuh proses dan strategi yang tepat. Proses ini bukan dihitung dari proses membangun instagramnya saja melainkan proses membangun "personal brand" dari influencer tersebut. Sebagai contoh IG @bunda_didi yang dibangun setelah cukup dikenal sebagai blogger di www.diahdidi.com. Tidak hanya butuh 1 - 2 tahun melainkan 
lebih dari 4 tahun untuk membangun personal branding Diah Didi sebagai seorang ibu rumah tangga yang hobby memasak resep-resep praktis yang mudah dipraktekkan di rumah. 

Blog www.diahdidi.com memiliki visitor yang cukup luar biasa untuk ukuran sebuah blog, bahkan bisa mencapai 40,000 visitor per hari. Dari sinilah nama Diah Didi mulai dikenal, mempunyai personal brand yang cukup kuat untuk dibawa ke IG @bunda_didi tahun 2015. 

Konsep organik, personal dan emosional masih terus dipertahankan dari blog sampai dengan IG karena kami butuh interaksi yang alami. Kekuatan interaksi dengan pembaca juga menjadi kekuatan dari IG @bunda_didi, tujuannya adalah agar follower tidak merasa berkomunikasi dengan mesin atau robot atau admin. Bahasa yang digunakan adalah food & cook, sehingga memberikan ciri konsep yang sangat kuat yang bisa dipahami oleh para pemilik brand sebagai kanal komunikasi yang baru dengan target pasarnya. Para pengiklan juga paham bahwa 96% follower IG @bunda_didi adalah para wanita produktif yang merupakan pasar potensial untuk berbagai produk rumah tangga, F&B, kitchenware, accessories dan sebagainya.

Jadi bisa dikatakan bahwa IG @bunda_didi tidak hadir secara instan melainkan melalui proses yang panjang dan konsistensi yang tinggi. Anda siap dengan konsekwensi ini?

Membangun Media Instagram & Generating Income dari Instagram.

Booming dan menjadi trend generating income yang baru, merupakan alasan mengapa saat ini banyak pemilik akun instagram ingin bersaing seperti para celegram atau influencer. Problem terbesar yang mereka hadapi adalah adalah MARKET, atau follower, terlebih follower yang segmented yang dibutuhkan oleh para pemilik brand sebagai media promosi mereka. Organik dan segmented adalah daya tarik bagi para media buyer dari perusahaan-perusahaan agency.

Ketika berbicara masalah follower, maka pemilik akun instagram harus mulai menengok KONSEP dan strategi konten, yang akan menjadi umpan bagi target audience (follower)-nya. 

Ibarat sebuah perusahaan akun IG harus disiapkan sejak awal, bukan modifikasi atau rebranding akun IG yang sudah ada, karena pada kenyataannya lebih sulit untuk dikembangkan. Jasa booster follower pun tidak menolong karena seringkali menggunakan mesin (robot) untuk melakukan booming follower, atau mendapatkan follower palsu. Agency akan fokus pada akun yang organik dan dengan interaksi yang alami, bukan seperti robot. Interaksi antara pemilik akun dengan audience ternyata menjadi variable dalam menilai sebuah akun IG yang bisa menjadi follower.

Lebih baik membuat akun IG baru, dengan nama brand yang akan dibangun. Ingat bahwa social media bersifat personal, dan konten yang bagus harus emosional dan experiental. Dari pengalaman kami konten berupa video memiliki daya tarik yang kuat daripada foto. Pahami target audience, apa yang mereka butuhkan, maka selanjutnya kita develop konten (video) yang menjadi "umpan" untuk target market. Misalnya: jika kita seorang trainer, maka buatlah video tips dan solusi, best practise, inovative insight, dsb. 

Bangun mindset bahwa akun IG kita adalah sebuah bisnis, bukan hanya sekedar IG. Harus ada konsep, biz plan, analisa bisnis, action plan, budget, investasi, dll. Perlakukan bisns bisnis ini dengan serius jika berharap akun ini akan menghasilkan. Good luck and sukses! Semoga share ini bermanfaat.



Komentar