Laman

  • Home

Selasa, 15 Oktober 2019

Trend Bisnis Kopi & Tahapan Memulainya.

Trend Bisnis Kopi & Tahapan Memulainya.

Jika ditanya bisnis apa yang paling merebak dan trend di tahun 2019 ini, maka dengan cepat saya bisa menjawab: Kopi! dan kemudian teh setelahnya. Mengapa saya bisa mengatakan demikian? Karena bergulat dengan pemasaran gula cair membuat saya harus terus berinteraksi dengan bisnis cafe yang merupakan pasar utama dari produk GULANAS. Pertumbuhan pasar cafe sangat cepat dari tahun 2016 - 2019 ini, terutama franchise kopi.

Ya, ini memang masanya kopi berjaya dan semakin tumbuh ke depannya. Riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian menyatakan bahwa konsumsi kopi di Indonesia pada tahun 2016 – 2021 tumbuh sebanyak 8,22% per tahun. Luar biasa!


Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis kopi, kita perlu melakukan riset pasar untuk mempersiapkan strategi bisnis yang akan kita bangun untuk cafe kita.

Berikut 9 tips yang akan membantu Anda mempersiapkan rencana usaha warung kopi dengan matang.

1. Bangun Konsep Bisnis yang Unik.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat business plan yang matang.  Cafe anda harus benar-benar dengan cafe pesaing. Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda jawab, seperti tujuan Anda membuat usaha warung kopi, siapa kompetitor anda, keunikan yang ingin Anda tonjolkan, siapa target market anda, perkiraan modal dan keuntungan, bagaimana menjalankan operasional usaha anda, bagaimana cara mempromosikannya, dan goal-goal yang ingin anda raih secara bertahap. Business plan ini membantu akan mengembangkan usaha Anda dengan lebih terarah.

2. Tentukan STP-nya dengan tepat.

Semua strategi marketing dimulai dari penentuan STP (Segmentation, Targeting & Positioning) yang tepat. Konsep di poin pertama juga harus menjawab pertanyaan: siapa target market yang anda sasar dan bagaiaman positioning yang tepat sesuai dengan target pasar yang dibidik. Ketika sudah mengetahui target market, anda jadi bisa menentukan konsep ruang dari usaha anda sehingga anda bisa mulai menghitung-hitung anggaran yang perlu disiapkan.

Sebagai contoh, jika anda ingin usaha warung kopi anda menjadi tempat nongkrong kaum milenial, anda akan membuat menu-menu minuman yang menarik dan beraneka pastry. Untuk suasana ruangannya, bisa dibuat lebih cheerful dan colorful. 

Jika usaha warung kopi Anda lebih ditujukan untuk meeting orang kantor, menunya bisa dilengkapi dengan beragam varian teh dan makanan ringan. Suasana ruangan pun dibuat dengan penerangan yang baik dengan nuansa putih atau ornamen kayu. 

3. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu penentu kesuksesan usaha warung kopi Anda. Jadi, taruh perhatian dan modal yang cukup banyak untuk fokus pada hal yang satu ini.

Carilah tempat yang sering dilewati kendaraan bermobil atau berada di dekat komplek perumahan yang ramai atau daerah perkantoran. Perhatikan juga masyarakat atau calon pelanggan di lokasi yang Anda pilih, apakah sesuai dengan target market yang sudah Anda tentukan. 

Hal yang tidak kalah penting adalah perhatikan unsur kebersihan dan keamanan di daerah tersebut. Pastikan juga Anda memiliki lokasi yang relatif tinggi sehingga ketika hujan besar datang, usaha Anda dapat beroperasi dengan normal. Semuanya ini perlu dipertimbangkan demi kenyamanan pelanggan Anda nanti. 

4. Perhatikan Dekorasi Eksterior dan Interior

Walaupun dekorasi hanyalah pemanis usaha Anda. Namun, jika keberadaan dekorasi tersebut dihilangkan, warung kopi akan menjadi membosankan. Itulah kekuatan dari dekorasi eksterior dan interior. 

Mereka mampu menarik mata pelanggan yang lewat di depan usaha warung kopi Anda atau pun mampir di media sosial Anda. Jangan meremehkan kekuatan dekorasi eksterior dan interior dalam mempopulerkan usaha Anda. 

Untuk mencari inspirasi, Anda bisa menyusuri media sosial kompetitor atau langsung mengunjungi warung-warung kopi hits di Jakarta. Pelajari kiat-kiat sukses mereka. Mungkin alasannya karena desain eksterior atau interior yang terbukti ampuh menarik pelanggan masuk dan menyesap kopi di sana. 

5. Pilih Barista yang Tepat 

Sebelum mencari barista, anda harus menjawab pertanyaan ini: apakah mau mengutamakan kemampuan bersosialisasi yang tinggi terhadap pelanggan atau kemampuannya meracik biji kopi? Tentu akan lebih baik jika keduanya ada di dalam seorang barista sekaligus. Akan tetapi, jika tidak bisa mendapatkan keduanya, Anda perlu menentukan mana yang menurut Anda lebih penting.

6. Manfaatkan Media Sosial

Promosi yang efektif mampu mendongkrak popularitas usaha warung kopi Anda. Karena media sosial masih sangat digandrungi, manfaatkan media sosial orang-orang terkenal seperti influencer atau youtuber untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Anda.

Anda bisa mempekerjakan social media officer untuk membuat konten-konten yang menarik. Untuk menarik orang baru menjadi pelanggan, ajak pelanggan Anda mempromosikan warung kopi Anda di akun media sosialnya dengan bonus minuman gratis.

Selain itu, jangan lupa daftarkan usaha warung kopi Anda ke situs-situs food review dan google supaya usaha Anda semakin mudah dijangkau oleh calon pelanggan melalui dunia maya. Semakin banyak ulasan dari pelanggan di media sosial, maka semakin banyak pula kepercayaan yang Anda dapatkan.

7. Cari Supplier Terbaik

Untuk menyajikan minuman kopi yang berkualitas, Anda perlu mencari supplier yang terpercaya dan memang memiliki biji kopi yang baik. Baiknya, Anda melakukan uji coba ke beberapa supplier sampai menemukan supplier yang pas di hati. Usahakan cari supplier yang lokasinya terjangkau dengan lokasi usaha warung kopi untuk memangkas ongkos kirim.

8. Pelajari Pengetahuan Pembukuan & Keuangan

Saat Anda memutuskan untuk mulai berbisnis, saat itu pula Anda perlu mempelajari pengetahuan mengenai pembukuan. Jika memiliki budget lebih, mungkin Anda bisa alokasikan dengan mempekerjakan seorang akuntan.

Namun jika tidak ada, Anda pun bisa melakukannya sendiri. Modal awal yang Anda butuhkan adalah ketekunan dan ketelitian. Selebihnya, Anda bisa pelajari secara online, dari kelas-kelas bisnis atau rekan bisnis Anda yang lain.

9. Jangan menyerah dan terus belajar

Terakhir adalah jangan pernah lelah untuk selalu berusaha dan belajar jika Anda ingin mulai membangun usaha warung kopi impian dari nol. Dan yang terpenting, selalu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kopi Anda baik.

Demikian tips-tips yang bisa Anda ikuti secara bertahap jika ingin membuka usaha warung kopi.

Semoga sukses! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar