Laman

  • Home

Senin, 28 Oktober 2019

3 Days Workshop Marketing untuk UMKM di Grand Wahid Salatiga.

"3 Days Workshop Marketing" untuk UMKM di Grand Wahid Hotel Salatiga.
Untuk meningkatkan skill marketing para pelaku UMKM di Jawa Tengah, Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah menggandeng RumahUMKM.Net untuk memberikan workshop selama 3 hari penuh kepada perwakilan UMKM dari 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. 

Materi-materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut adalah:

1. Creative Mindset & Biz Plan.
2. Packaging is Silent Salesman.
3. Essential Marketing & Rencana Stategi Marketing.
4. Marketing Tools (+Praktek).
5. Marketing Communication (+Praktek).
6. Digital Marketing 
7. Business Networking (+Praktek).

7 Materi dari 9 Materi yang direncanan menyisakan 2 materi yang seharusnya masuk dalam pelatihan tersebut, yaitu;

1. Membangun Brand Usaha Kecil.
2. UKM Go Ekspor.

Latar Belakang

Pelatihan marketing untuk UMKM ini disusun untuk memberikan pembekalan marketing kepada para pelaku UMKM di Jawa Tengah secara praktis, bertahap dan terukur. Memahami istilah “UMKM Naik Kelas” kadang tidak mudah, sehingga perlu silabus yang memberikan pembekalan marketing kepada UMKM secara berjenjang.

Meskipun paket pelatihan yang kami sajikan ini tidak lengkap sepenuhnya namun setidaknya mampu untuk mencukupi kebutuhan para pelaku UMKM yang berlatar belakang pendidikan majemuk untuk melek marketing dan mampu memecahkan permasalahan pemasaran yang mereka hadapi sendiri. Dengan kata lain, azas kewirausahaan, yaitu kemandirian, akan tetap menjadi acuan dasar bagi RumahUMKM.Net dalam memberikan pembekalan kepada UMKM dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Perkembangan teknologi digital merupakan nafas baru dalam pemasaran di era digital ini yang harus benar-benar dipahamkan kepada para pelaku UMKM, tetapi mindset professional pada awal pembekalan akan menjadi hal yang paling mendasar. Materi-materi pembekalan dalam silabus ini lebih banyak ditujukan untuk personal capacity building bagi para pelaku UMKM yang memungkinkan mereka mampu melakukan lompatan-lompatan yang terarah dalam pemasaran produknya.


Pelatihan tersebut di atas bertujuan untuk:
  1. Melakukan PERUBAHAN MINDSET Professfional & Mandiri serta MOTIVASI dalam membangun bisnis yang terencana, rapi dan terukur. (Professional Mindset & Business Plan)
  2. Memahamkan arti penting KEMASAN dalam promosi & pemasaran, bagaimana strategi membuat kemasan yang menarik dan mampu menjual dirinya sendiri.  (Packaging is Silent Marketing)
  3. Memahami ESENSI MARKETING dan bagaimana merencanakan STRATEGI MARKETING. (Essential Marketing & Marketing Plan)
  4. Membangun MARKETING TOOL, yaitu bagaimana membuat company profile yang baik, membuat catalog yang menarik dan membuat daftar harga (published price). (Tools for Marketing)
  5. Memahami pentingnya KOMUNIKASI PEMASARAN, bagaimana menggali informasi pasar, menggali kebutuhan pasar dan bagaimana menangani komplain serta bagaimana melakukan komunkasi melalui media dan event. (Marketing Communication)
  6. Mengenal DIGITAL MARKETING, bagaimana pelaku UMKM melakukan promosi pemasaran melalui website (SEO) dan social media (SMM). (Marketing is Dead)
  7. Memahami arti BUSINESS NETWORKING, bagaimana melakukan akselerasi pemasaran, bagaimana jaringan usaha dan bagaimana melakukan kerjasama. (Business Networking)
  8. Memahami bagaimana melakukan PROMOSI dan Membangun BRAND bagi usaha kecil. (Brand Building for Small Business)
  9. Bagaimana UMKM melakukan EKSPOR dengan cepat, mudah dan aman. (UKM Go Export!)
Berapa pertimbangan mengapa kami membuat suatu paket pelatihan marketing ini adalah sebagai berikut:
  1. Kendala pemasaran produk UMKM yang harus bisa diselesaikan oleh para pelaku UMKM sendiri. Dengan pelatihan yang kami tersebut di atas, kami harapkan setelah selesai pelatihan UMKM bisa menyelesaikan permasalahan pemasaran mereka sendiri.
  2. UMKM butuh materi pelatihan praktis yang bisa langsung diterapkan di lapangan. Materi pelatihan yang diberikan harusnya banyak dilengkapi contoh dan best practise sehingga bisa langsung diapplikasikan oleh UMKM.
  3. UMKM butuh motivasi untuk tujuan yang lebih jauh dan lebih besar. Self motivation harus dibangun sebagai hasil dari pelatihan, agar para pelaku UMKM bisa memotivasi diri mereka.
  4. UMKM butuh percepatan pengembangan usaha. Dengan adanya materi bagaimana membangun jejaring bisns dan kerjasama maka UMKM akan melakukan lompatan besar dan akselerasi percepatan usaha.
  5. UMKM tidak punya marketing tool yang memadai untuk pemasaran. Hal yang sering terlupakan oleh UMKM dalam melakukan pemasaran adalah tidak punya marketing tool yang memadai mulai dari website, social media, company profile, katalog, price list, kartu nama dan sebagainya.
Semoga dengan pelatihan ini kiprah RumahUMKM.Net dalam pembinaan UMKM di Jawa Tengah ini semakin nyata, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan pelatihan ini di propinsi lain. Suskes!

Dokumentasi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar