Laman

  • Home

Rabu, 31 Juli 2019

Selalu Dimulai Dari Segmentasi, Targeting & Positioning.

Selalu Dimulai Dari Segmentasi, Targeting & Positioning.
Bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia pemasaran, istilah segmentation, targeting dan positioning sudah sangat biasa meskipun terkadang dalam implementasinya masih sering meleset dari rencana. 

Memahamkan istilah STP kepada UMKM sangat penting, karena hal ini yang mendasari dalam pembuatan bisnis pan dan strategi pemasaran selanjutnya. Bahkan di awal pemasaran, yaitu dalam desain kemasan, seorang pelaku UMKM juga harus paham segmen pasar dan target pasar mana yang akan dibidik, serta bagaimana mereka membuat positioning yang tepat untuk target pasar tersebut.

Tanpa memahami STP maka bisnis plan dan strategi pemasaran yang dibuat bisa dipastikan tidak akan tepat sasaran, dan hal ini bisa berarti tindakan inefisiensi biaya yang tidak kecil jumlahnya. Memahami pasar dan memahami apa yang menjadi kebutuhan pasar selalu menempati tahapan awal dalam melakukan perencanaan strategi perusahaan.

Segmentasi Pasar

Adalah sebuah keputusan bisnis dalam memilih segmen pasar apa yang mau digarap. Atau bisa diibaratkan dengan : Dari beberapa kolam ikan yang ada, maka tentukan kolam ikan mana yang akan kita pancing

Kita tidak bisa melayani semua segmen pasar, oleh sebab itu kita harus melakukan pilihan atas segmen mana yang paling sesuai bisnis atau produk ktia.

Targeting

Dari kolam ikan yang akan kita pancing, maka kita akan pilih ikan apa yang akan kita pancing. 

Kita harus fokus pada target pasar yang menjadi sasaran tembak kita. Dengan penentuan target pasar ini kita bisa melakukan kegiatan komunikasi pasar yang efektif untuk menggali apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasar tersebut.

Positioning

Positioning diartikan dengan umpan apa yang paling cocok untuk ikan yang akan kita pancing tersebut.

Positioining sering dimunculkan dalam wujud tag line produk, yang pesannya telah didesain untuk menjadi umpan untuk target pasar kita.

Dengan memahami STP tersebut di atas maka kita dimungkinkan untuk menarik benang merah dalam penyusunan bisnis plan dan strategi pemasaran. Dengan fundamental yang benar, serta pemahaman atas potensi (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) maka penyusunan bisnis plan dan strategi pemasaran menjadi lebih terarah dan terintegrasi. Strategi produk, harga, pemasaran serta promosi pun akan terbentuk dari penjabaran hal-hal tesebut di atas.

Dengan tulisan singkat ini saya berharap untuk bisa kembali mengingatkan para pelaku UMKM untuk memahami STP dengan benar. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar