Laman

  • Home

Jumat, 03 Mei 2019

Tidak Hanya Harus Menarik, Desain Kemasan Harus Tampil Millenial.

Tidak Hanya Harus Menarik, Desain Kemasan Harus Tampil Millenial.
Kota Magelang dan Kabupaten Magelang menjadi tujuan visitasi UKM Pangan Award 2019 dan kurasi produk pada hari Jumat ini, ada masing-masing 4 UMKM dari kedua daerah ini atau 8 UMKM yang harus kami wawancarai dan kurasi produknya. 

Ada beberapa produk yang menarik yang perlu kami pertimbangkan agar produk ini bisa melaju ke seleksi berikutnya. Kurasi pertama yang kami lakukan adalah masalah legalitas produk dan usaha, kemudian kurasi kemasan, kurasi produk dan kurasi manajemen. Meskipun visitasi ini hanya dipusatkan di dinas terkait masing-masing daerah namun dari wawancara dan diskusi kami dengan para peserta kami bisa memberikan masukan dan saran-saran perbaikan yang sekiranya sangat berguna bagi pengembangan usahanya.

Selain masalah kemasan yang selalu menjadi temuan kami, masalah konsep sehat pun harus kami sosialisasikan kepada para pelaku UMKM. Beberapa produk yang masih banyak mengandalkan pemakaian gula pasir kami berikan saran alternatif untuk menggunakan gula yang lebih sehat dan lokal. Tujuan dari saran ini adalah tantangan pasar ke depan yang lebih menuntut makanan yang lebih sehat dan bebas ancaman diabetes.




Bolu Ketan Hitam Kering, dengan kemasan yang lebih millenial dari UMKM Kabupaten Mangelang.
Dari sekian kurasi yang kami lakukan, kami melihat beberapa potensi produk yang memiliki prospek yang cukup baik untuk dikembangkan di masa mendatang. Produk tersebut adalah bolu ketan hitam kering yang dikemas dengan kemasan yang sangat millenial. Inovasi desain kemasan inilah yang kami tunggu dari para pelaku UMKM dalam menggebrak pasar, baik pasar onlien maupun pasar offlline.

UMKM harus menyadari benar bahwa saat ini telah terjadi pergeseran pasar, dimana pasar telah didominasi oleh generasi millenial sehingga desain kemasannya pun harus disesuaikan dengan pasar tersebut. Semua hanyalah masalah kreativitas dan keberanian untuk berubah. 

Bapak Jalian Setiarsa, atau yang lebih suka dipanggil Pak Tiarso melakukan inovasi berani dalam kemasan produknya, lebih millenial! Produknya pun menjadi lebih praktis dan tahan lama karena berupa bolu ketan hitam kering. 

Dari bebrapa promosi yang kami lakukan, produk-produk cracker seperti rice cracker, sticky rice cracker dan sebagainya adalah produk-produk yang sedang booming untuk permintaan ekspor. Produk-produk dari Indonesia diminati karena lebih sehat dan halal oleh berbagai pasar di US dan Eropa.

Semoga contoh keberanian dari Pak Tiarso ini bisa menginspirasi para pelaku UMKM yang lain untuk terus berpacu dalam keberanian dan melakukan perubahan-perubahan yang up to date baik dalam produk maupun dalam kemasan. Sukses!





1 komentar:

  1. Congratulation Mr.Tiarso, your product ia good and inspiratif, thanks Mr Joko.

    BalasHapus