Laman

  • Home

Senin, 18 Maret 2019

Belajar Keramahtamahan dari Bisnis Hotel.

Belajar Keramahtamahan dari Bisnis Hotel.
Kami hanya bisa mengajarkan, tetapi terkadang tidak bisa memberikan contoh riil-nya. Salah satu materi penting dalam penjualan produk UMKM adalah customer service dan beberapa kali kami diminta untuk memberikan pembekalan materi teknik penjualan dan customer service kepada para pelaku UMKM.

Banyak teori yang kami sampaikan, dan meskipun telah kami berikan contoh-contohnya di depan audience tetapi kami merasa bahwa itu tidaklah cukup untuk menggambarkan "keramahtamahan" seorang penjual kepada pembeli. Para pelaku UMKM harus melihat dan merasakan sendiri bagaimana praktek keramahtamahan yang sebenarnya di tempat yang semestinya dan dengan mentor yang melakukan praktek bisnis keramahtamahan tersebut. 

Memberikan pembekalan secara praktis adalah apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Dengan melihat, merasakan, berinteraksi dan mengetahui mengapa mereka melakukan keramahtamahan tersebut akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pelaku UMKM.

Sebagaimana kita ketahui bahwa para pelaku UMKM datang dengan berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda. Banyak hal non teknis yang justru menghambat perkembangan bisnis mereka, dan salah satu hal non teknis tersebut adalah kesopanan dan keramahtamahan serta cara berkomunikasi yang benar.

Di beberapa instansi terkait sudah waktunya untuk mulai membekali para pelaku UMKM dengan materi etika (norma dan kesantunan), keramahtamahan dan komunikasi. Dan mentor yang kami anjurkan adalah dari para ahli di bidang perhotelan. Karena mereka bergelut dengan bisnis ini setiap harinya dan menggantungkan bisnis-nya dari ketiga hal tersebut.

Pemerintah sudah perlu menggalang kerjasama dengan perhotelan untuk pelatihan dan pembekalan materi tersebut, agar para pelaku UMKM kita tetap tampil dengan adat ketimuran yang hangat dan nyaman. Selain itu, ketrampilan ini akan memberikan dukung yang besar kepada bisnisnya di masa mendatang. Sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar