Laman

  • Home

Rabu, 24 Oktober 2018

SDM & Teknologi, 2 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Perubahan Bisnis.

SDM & Teknologi, 2 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Perubahan Bisnis.

Jangankan perusahaan skala UMKM, bahkan masih banyak perusahaan besar pun ada yang belum menyadari bahwa perusahaan bisnis telah terjadi. Mereka masih berkutat dengan cara-cara yang konvensional dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan bisnis yang terjadi saat ini, misalnya pada menurunnya sales dan memudarnya brand mereka.
 
Bahkan bisa jadi bahwa brand mereka saat ini malah head to head dengan brand kecil yang secara masif mempromosikan diri melalui sosial media yang murah. Dalam revolusi digital saat ini hal tersebut adalah lumrah adanya. Disrupsi brand ! Sekali lengah maka brand-brand besar tersebut akan terlibas oleh gerakan cepat dari brand-brand kecil yang begitu gencar berkomunikasi dengan pasarnya di social media.
 
Pasar tengah berubah, pasar terus bereksplorasi pada hal-hal yang baru sebagaimana karakter dominan dari generasi millenial yang menguasi pasar saat ini. Perubahan ini tentunya mempengaruhi bisnis kita saat ini, dan menuntut perubahan-perubahan mendasar dalam strategi dan format bisnis yang ada saat ini.
 
Banyak hal yang harus berubah dalam bisnis kita, tetapi ada 2 hal yang paling mendasar untuk memulai perubahan tersebut, yaitu:
  1. SDM, kunci sukses dari awal perubahan adalah perubahan SDM dalam bisnis kita. Apakah SDM yang kita miliki telah mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada? Apakah kita telah memahamkan perubahan ini kepada mereka? SDM yang kompeten yang tidak "mati" oleh rutinitas adalah SDM yang dibutuhkan untuk menjawab perubahan-perubahan pasar yang ada. Mereka harus mampu update dengan segala akses informasi yang mereka miliki, dan mereka harus benar-benar melek teknologi terkini.
  2. Teknologi, adalah alat bantu perusahaan yang wajib dimiliki. Mulai dari internet, website, sosial media dan applikasi penjualan, promosi dan pembayaran harus dibuat sedemikian mudahnya untuk customer mereka. Dengan teknologi ini pula perusahaan akan mulai membangun network bisnis yang lebih cepat dan mampu berkomunikasi dengan pasar yang lebih luas.
Dengan melakukan persiapan pada kedua kompoen di atas, ke depannya perusahaan akan sangat memungkinkan untuk membuat konsep-konsep bisnis yang lebih "entertaining" kepada customer ketikan customer mereka butuh "experience" yang lain dari apa yang pernah mereka dapatkan sebelumnya.
 
SDM menjadi sangat penting ketika dalam kondisi tersulit, perusahaan harus berubah total dalam bisnisnya, atau format bisnisnya. Karena hal ini sangat memungkinkan dalam revolusi digital di masa mendatang. SDM yang bermental entrepreneur adalah SDM yang dibutuhkan oleh perusahaan di masa mendatang. Suskes!