Laman

  • Home

Kamis, 20 September 2018

Social Media Membantu Anda Menjadi Marketing Hebat.

Social Media Membantu Anda Menjadi Marketing Hebat.
Saat ini banyak marketer hebat lahir dari keberadaan social media. Kemampuan mereka dalam mengelola social media merupakan kunci sukses mereka menjadi seorang marketer handal, dan inilah fakta yang terjadi.

Meskipun lebih dari 22 tahun menjadi praktisi marketing, kami harus mengatakan bahwa kiinerja anak-anak jaman sekarang dengan kemampuan social media marketing dan SEO-nya telah melampaui level kami. Kami hanya diuntungkan bisa bercerita pengalaman tentang suka dan duka menjalani tahapan marketing mulai dari menjadi sales door to door, marketing, promosi dan business development yang hal itu mungkin tidak dialami oleh anak-anak muda jaman sekarang yang telah dibantu oleh keberadaan teknologi.

Tetapi itulah faktanya, apakah kita ingin tetap tertinggal atau kita harus mengejar ketertinggalan tersebut.

Social Media Media dan Marketing Tool yang Dominan.

Being connected - Adalah kata kunci untuk kesuksesan seorang marketing. Social media mampu memenuhi kebutuhan tersebut, untuk terkoneksi dengan relasi. Media lain tidak sehebat ini impactnya dalam kehidupan digital saat ini.

Para marketer yang handal mampu memanfaatkan social media ini untuk membangun audience yang dengan konten-konten di social media-nya akan mereka edukasi dan arahkan untuk menjadi loyal kepada mereka, atau loyal kepada produk mereka. 

Branding - Anda harus menyadari bahwa setiap posting yang anda lakukan di social media anda akan mempengaruhi persepsi orang terhadap siapa anda, atau dengan kata lain anda melakukan branding melalui social media anda. Idealnya, anda tidak boleh memposting konten-konten yang tidak relevan dengan "apa" yang ingin anda harapkan sebagai persepsi yang anda inginkan dari audience anda.

Networking - Sebagai bagian penting dalam pemasaran, networking bisa dilakukan dengan mudah dengan social media. Anda bisa membuat group-group yang relevan dengan kompetensi anda yang ingin anda bangun sebagai persepsi audience anda.

Profiling - Social media menyediakan ruang untuk anda membuat profile tentang diri anda atau bisnis anda yang bisa anda manfaatkan sebagai media untuk memperkenalkan diri anda atau bisnis anda kepada publik.

Communication -Tidak diragukan lagi, bahwa keberadaan social media sangat membantu penggunanya untuk membuat komunikasi yang lebih mudah dengan akses jangkauan yang luas.

Hal di atas yang menyebabkan semua orang bergeser ke social media, sehingga mereka mulai meninggalkan media-media konvensional yang ada. Kemudahan akses, gratis dan personal adalah pertimbangan yang sangat wajar dari pengguna.

Bagi para digital marketer, social media adalah media unggulan mereka untuk melakukan kegiatan pemasaran. Bahkan kinerja mereka pun bisa terlihat dari kinerja social media yang dikelolanya. Beberapa di antara mereka pun mampu memanfaatkan blog atau situs pribadinya untuk melakukan promosi dengan SEO-nya, sehingga memudahkan pencari informasi menemukannya di search engine.

Melihat kenyaataan-kenyataan di atas, kami pun para marketer "lama" mulai bergeser ke digital marketing agar ketertinggalan kami dengan para merketer muda tidak terlalu jauh. Kami mulai kelola semuanya, mulai dari website (blog) dan social media yang menjadi sarana promosi kami.

Dengan cara demikian kami merasakan "jangkauan" kami menjadi semakin superior, disamping tingkat efisiensi biaya dan efektivitas. Kecepatan marketing dengan sistem menggunakan social media pun sangat luar biasa karena kami bisa dengan menemukan prospek kami, terutama yang sudah terkotak-kotak dalam group yang mereka ikuti. Sukses!