Laman

  • Home

Selasa, 07 Agustus 2018

Nuanza Porcelen, Membangun Brand Dengan Keterlibatan.

Fun with Clay, Interaksi Nuanza Porcelen dengan Customer.
Brand adalah intangible asset yang harus dibangun dengan perencanaan yang cermat dalam jangka waktu panjang. Media online seperti social media memang akan sangat penting dalam proses awalnya, namun yang paling penting adalah experience customer dengan brand kita.

Meskipun masih berskala UMKM, namu Nuanza Porcelen sudah menyadari hal tersebut sejak awal terlebih ketika ekonomi saat ini di-drive oleh leisure dan digital dimana pasar lebih cenderung memilih wisata (experience) dalam sebuah paket produk. Digital akan banyak berperan dalam komunikasi dengan pasar dalam menyampaikan informasi dan edukasi produk. 

Bahasa visual pun (instagramable) pun telah dipahami benar oleh UMKM yang satu ini, sehingga setiap moment keterlbatan mereka dengan customer telah mereka abadikan dengan foto-foto dan video yang bisa menyampaikan pesan apa yang mereka lakukan dengan customer dalam memenuhi kebutuhan experience-nya.

Fun with Clay

Sebagaimana kita ketahui, Nuanza Porcelen adalah produsen keramik dari Kabupaten Boyolali yang memiliki keunggulan dalam desain dan kualitas produk. Meskipun masih berskala kecil namun produk-produk Nuanza Porcelen sudah patut disejajarkan dengan perusahaan-perusahaan besar. 

Produk-produk table ware mereka telah dipercaya oleh beberapa hotel berbintang dan resort mewah di Indonesia, sementara produk figurine mereka yang berupa "Bali Dancer" telah dipercaya oleh Presiden RI Bapak Jokowi sebagai souvenir kenegaraan RI. Selain itu produk trophy mereka pun telah mendapatkan tempat dalam kejuaraan-kejuaraan golf nasional maupun internasional.

Apa yang mereka geluti sehari-hari adalah pesan komunikasi yang berkualitas kepada customer sehingga mereka menggagas event experience dengan nama "Fun with Clay" dimana customer bisa ikut merasakan proses produksi keramik di Nuanza Porcelen. Event keterlbatan ini diharapkan bisa membangun keterlibatan secara emosional antara brand Nuanza Porcelen dengan customer.

Customer tidak hanya ingin produk akhir yang berkualitas namun mereka juga ingin merasakan bagamana pengalaman mereka dalam membuat produk keramik, dan selanjutnya mereka bisa dengan lebih baik bercerita kepada rekan dan saudara-saudara tentang apa yang mereka alami dan dapatkan di Nuanza Porcelen.

Fun with Clay, Interaksi Nuanza Porcelen dengan Customer.

Fun with Clay, Interaksi Nuanza Porcelen dengan Customer.

Fun with Clay, Interaksi Nuanza Porcelen dengan Customer.

Fun with Clay, Interaksi Nuanza Porcelen dengan Customer.
Terbukti event ini sangat diminati oleh sekolah-sekolah dan juga turis asing. Wisata edukasi produksi memang menjadi alternatif wisata yang saat ini mulai dipaketkan dengan program-program paket kamar dari Hotel dan Resort, dan hari Selasa ini kami ajak team Grand Wahid Hotel Salatiga untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Nuanza Porcelen terkait hal ini.

Tentunya paket ini akan lebih menarik jika dikerjasamakan dengan hotel dan resort di sekitar pabrik, sehingga secara bersama-sama bisa membangun paket wisata yang terintegrasi. Semua harus saling menyadari bahwa customer menginginkan sesuatu yang "lebih" dan sesuatu yang "bisa berkesan".

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Nuanza Porcelen ini bisa memperkaya khasanah wisata di Kawasan Salatiga dan Boyolai yang masih menyimpan potensi wisata produksi yang lain seperti Sapu Upcycle dan Sentra Kerajinan Tembaga di Cepogo Boyolali. Sukses!