Laman

  • Home

Selasa, 31 Juli 2018

Memperkuat Konsep Bisnis Anda Agar Survive dan Grow.

Memperkuat Konsep Bisnis Anda Agar Survive dan Grow.
Dari pengalaman di lapangan, banyak saya temui beberapa pelaku UMKM memulai bisnisnya dengan "terencana" dan "spontan". Bukan masalah bagus yang mana, tetapi bagaimana kita perlu mempertajam konsep yang sudah ada (terencana) dan juga menata yang bersifat "spontan".

Akan sering terjadi banyak penyesuaian pada konsep-konsep bisnis kita ketika kita menjalankan bisnis, dan hal tersebut adalah wajar adanya. Setiap penyesuaian yang terjadi akan memperkaya dan mempertajam perbaikan konsep kita menuju sebuah portofolio bisnis yang sangat berharga di masa mendatang. Portofolio bisnis ini merupakan asset intangible kita yang mungkin bisa berharga lebih mahal dari asset fisik kita. kita harus membangun bisnis dengan pemikiran yang sepert ini. Ada konsep dan rencana bisnis yang telah terkoreksi sebagai "best practise" dan ada "bukti fisik" keberlangsungan bisnis itu sendiri.

Seringkali hal yang terlihat sederhana justru tidak sesederhana itu, karena semakin sederhana bisnis yang kita sodorkan maka sebenarnya kita harus semakin mempu membuat setiap elemen bisnis tersebut spesial, detail dan mendalam. Detail dan kedalaman dari setiap elemen bisnis hanya bisa dicapai apabila kita telah mengalaminya dan membuat setiap solusi atas semua permasalahan yang terjadi.

Ambil misal, seorang pedagang bakso dalam menyikapi persaingan bisins: Dia harus terus berpikir bagaimana produk baksonya harus terus menjadi spesial bagi pelanggannnya. Dengan terus merenungkan, apa yang sebenarnya yang membedakan produknya dengan pesaing? Apa yang menjadikan produknya unik? Apa yang membuat pelanggannya tetap bertahan dengan produk baksonya?

Dengan merenungkan hal-hal tersebut di atas, maka pelaku bisnis akan senantiasa mencari hal-hal baru untuk mempertahankan bisnisnya. Terus mendalami kekuatan bisnsinya dan terus mencari peluang yang terbaik untuk mempertahankan bisnisnya.

Apa yang harus dilakukan ketika pesaing mengeluarkan pruduk baru yang menyasar pada pasarnya? Berapa lama produk yang mereka pasarkan ini bisa bertahan? Produk baru apa yang akan mereka kembangkan di masa mendatang? Dan sebagainya. Dengan merenungkan hal-hal tersebut maka pelaku usaha akan disadarkan bahwa setiap bisnis memiliki masa hidup yang terbatas dan mereka harus segera menciptakan produk atau bisnis baru untuk mempertahankan cash flow perusahaan.

Sebuah konsep bisnis yang kuat yang telah terbukti sebagai best practise adalah "nilai" yang sebenarnya ada pada bisnis anda, karena ditangan orang yang berpengalaman serta memiliki sumber daya untuk mengembangkanya maka bisnis akan berkembang lebih luas dan cepat. Di sinilah nanti para pelaku usaha mulai membuka diri untuk sesuatu yang lebih besar dengan menghadirkan mitra kerja dan investor untuk bisnisnya.

Sudahkah anda merenungkan bisnis anda yang sudah berjalan? Apakah anda telah bukukan pengalaman-pengalaman solusi bisnis anda ke dalam sebuah buku konsep yang lengkap dan sudah terbukti berhasil? Mulailah dan sukses.