Laman

  • Home

Senin, 16 Juli 2018

Belajar Naik Sepeda, Mungkin Bisa Menjadi Pelajaran Dalam Memulai Bisnis.

Belajar Naik Sepeda, Mungkin Bisa Menjadi Pelajaran Dalam Memulai Bisnis.
Jika Sabtu lalu filosofi tanaman bambu merupakan sumber inspirasi kita dalam menata pondasi yang kuat dalam memulai bisnis, maka hari ini mari kita belajar lagi dengan simbol belajar naik sepeda.

Sebenarnya apa yang menjadi permasalahan utama dalam belajar naik sepeda? Menjaga keseimbangan tubuh atau masalah mengayuh sepeda? Tentunya dimulai dengan belajar menjaga keseimbangan tubuh dan mengendalikannya, selanjutnya belajar mengayuh bisa menjadi pelajaran kedua setelah pelajaran menjaga keseimbangan tubuh dan pengendalian. 

Menjaga dan mengendalikan keseimbangan tubuh bisa dimulai dengan meluncurkan sepeda pelan-pelan tanpa sedikit pun harus melibatkan aktivitas mengayuh sepeda. Sampai tujuan utama yaitu pengedalian keseimbangan tubuh selesai maka barulah aktivitas mengayuh bisa dilatih dan dimulai.

Bisnis pun demikian adanya bukan? Yang paling utama adalah alur bisnis secara lengkap terjalani, yaitu mulai dari pengadaan bahan baku termasuk seleksinya, proses produksi dari bahan baku menjadi barang jadi, proses pengemasan, proses promosi, proses penjualan dan repeat order. Dengan pernah mengalami satu rangkaian lengkap ini maka bisa dikatakan bahwa pelaku usaha telah memiliki sebuah portofolio lengkap, dan tentunya banyak pembelajaran yang terjadi dalam perjalanan proses tersebut terutama saat antara penjualan dan repeat order. 

Ketika rangkaian proses ini telah berjalan, maka pelaku usaha bisa mulai "mengayuh" bisnisnya untuk dipercepat perkembangannya. Kayuhan awal tentunya tidak akan langsung laju, karena masih banyak pelajaran dalam setiap kayuhan awal mulai dari permasalahan kualitas produk, legalitas, kontinuitas dan kapasitas produksi. Ketika semua permasalahan ini telah terlampaui maka kayuhan bisa dilakukan lebih cepat, dengan catatan "sudah ada pengendalian keseimbangan" berupa sistem manajemen yang memadai dan juga teknologi yang mendukung. Ketika semua ini telah dimiliki makan kayuhan berikutnya bisa disesuaikan dengan kemauan serta kondisi eksternal seperti persaingan dan juga kondisi bisnis yang terjadi.

Ternyata setiap simbol bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi kita, oleh sebab itu kita harus jeli menyikapi kehidupan ini untuk mendapatkan ilmu-llmu atas pembedahan simbol-simbol yang telah diberikan. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat, sukses!