Laman

  • Home

Senin, 30 Juli 2018

Bagaimana Menyakinkan Buyer Anda?

Bagaimana Menyakinkan Buyer Anda?
Bisnis adalah mengenai bagaimana membangun kepercayaan customer anda kepada anda dan bisnis anda, oleh sebab itu hal pertama yang mesti adalah bangun adalah profesionalisme atas bisnis dan sikap anda sebagai seorang entrepreneur yang bisa dipercaya. Sikap, perilaku dan bukti akan menjadi alat anda dalam upaya membangun kepercayaan tersebut.

Lantas bagaimana anda menyakinkan buyer anda bahwa mereka tidak salah pilih mitra bisnis? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menyakinkan buyer anda antara lain:
  1. Sebagai seorang profesional anda harus benar-benar memahami bisnis anda, baik produk, proses maupun apa yang anda inginkan untuk bisnis anda.
  2. Anda memiliki data-data pendukung yang tersusun rapi dan menarik secara visual untuk disajikan kepada buyer anda. Upaya anda untuk menyiapkan data dan marketing tool tidak akan pernah sia-sia untuk menyakinkan buyer bahwa bisnis anda memang profesional.
  3. Memahami siapa pasar anda dan apa yang dibutuhkannya. Sehingga komunikasi anda dengan buyer bisa lebih fokus dan terarah kepada bisnis.
  4. Anda memiliki kemampuan komunikasi yang memadai, termasuk menguasai bahasa dengan selain teknik komunikasi yang benar.
  5. Anda memiliki referensi berupa website dan alamat email profesional. Hal ini penting ketika buyer anda tidak bisa menjangkau anda secara fisik (buyer internasional) dan mereka hanya mendapatkan informasi melalui internet.
  6. Memahami lingkungan bisnis anda dan perkembangan bisnis saat ini, termasuk memahami kompetitor anda dan apa yang menjadi kelemahan atau kelebihan bisnis anda dibandingkan kompetitor.
  7. Mampu menjadi seorang problem solver atas permasalahan-permasalahan buyer anda.
  8. Selalu jujur tentang apa yang anda lakukan dalam bisnis dan tetap fokus dengan tujuan anda berkomunikasi dengan buyer.
  9. Upayakan untuk bisa bertemu atau tatap muka.
Beberapa hal di atas akan memberikan dampak cukup besar dalam menyakinkan buyer anda terutama buyer yang belum pernah mengenal anda dan bisnis anda. Pastikan bahwa bisnis anda pun siap ketika anda telah mencapai kesepakatan bisnis dengan buyer tersebut, karena menyakinkan buyer adalah awal dari sebuah rangkaian kepercayaan besar yang harus dipertahankan selamanya kepada buyer anda.
Semoga sharing singkat ini bisa sangat bermanfaat. Sukses!