Laman

  • Home

Senin, 30 Juli 2018

5 Cara Membangun Jaringan Bisnis.


Membangun Jaringan Bisnis
Strategi dan taktik pengembangan bisnis telah berubah secara dramatis dalam dekade terakhir. Telepon hampir usang untuk membuat kontak awal dengan pelanggan potensial, apalagi surat pos. Panggilan telepon? Lupakan. Jika Anda tidak dikenal, anda tidak akan melewati tahap awal ini.  Email yang tidak diminta? Anda akan diblokir sebagai spammer.

Saat ini, pengembangan bisnis yang sukses bergantung pada membangun hubungan yang dipercaya dan memanfaatkan hubungan tersebut untuk memenuhi prospek baru. Hubungan ini membentuk tulang punggung jaringan bisnis anda. Sangat penting bagi anda untuk terus tumbuh dan memelihara hubungan ini, karena sebagian besar pertumbuhan bisnis anda akan berasal dari jaringan bisnis anda.

Berikut adalah lima cara untuk membangun dan memanfaatkan jaringan bisnis anda untuk mengembangkan bisnis.

1. Selalu Cari Referensi
Pelanggan anda hampir pasti tahu rekan mereka yang membutuhkan produk atau layanan anda. Sangat dapat diterima untuk meminta referensi mereka dan meminta izin untuk menggunakan nama mereka untuk perkenalan. Dengan kontak yang dirujuk di tangan dan pelanggan terpercaya sebagai cadangan, anda dapat melakukan panggilan telepon atau mengirim email untuk mendapatkan perkenalan. Setelah prospek anda mendengar atau melihat nama rekannya, nda akan memiliki peluang sukses yang lebih besar dalam kontak pengantar Anda.

2. Gunakan Testimonial

Pelanggan anda adalah pendukung terpenting anda. Tanyakan kepada mereka apakah mereka bersedia memberikan kesaksian tentang produk atau layanan anda. Mereka kemungkinan besar akan setuju karena mereka ingin anda dan bisnis anda berhasil, terutama karena itu memperkuat keputusan mereka untuk menggunakan produk atau layanan anda. Kesaksian mungkin berupa kutipan sederhana atau studi kasus yang lebih panjang yang menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda memecahkan masalah mereka. Setelah mendapatkan kesaksian, anda perlu menemukan media untuk mempublikasikannya. Itu harus diposting di situs web anda. Anda juga harus mencari dan mengidentifikasi publikasi atau situs yang akan tertarik untuk mempublikasikan studi kasus.

3. Berpartisipasi dalam Industrial Meeting
Percaya atau tidak, pertemuan tatap muka tidak akan mati. Berpartisipasi dalam industrial meeting, konferensi, dan pameran dagang adalah cara yang bagus untuk memelihara hubungan dengan rekan kerja, jaringan, dan bertemu orang baru. Jika industri anda memiliki asosiasi perdagangan nasional, bergabunglah dan ikutlah dalam pertemuan mereka. Jika produk atau layanan anda digunakan secara lokal, bergabunglah dengan Kamar Dagang setempat dan hadiri pertemuan mereka. Karena mahal untuk menghadiri pertemuan, maksimalkan dampak kehadiran dengan mencoba mengatur pertemuan satu-satu tatap muka dan identifikasi cara lain untuk meningkatkan partisipasi dan visibilitas anda di pertemuan: Cari kesempatan berbicara, mensponsori rehat kopi, atau mengatur lokakarya pendidikan.

4. Blog
Semua orang tampaknya memiliki satu atau sedang berbicara tentang menciptakan satu alasan yang bagus. Mempublikasikan blog pribadi di situs web perusahaan anda adalah cara yang bagus bagi pelanggan dan prospek anda untuk mengenal anda (personal branding), filosofi bisnis anda dan perusahaan, produk dan layanan anda. Blog juga memungkinkan komentar dan mengaktifkan interaksi dimana anda dapat menjalin hubungan baru dan mengembangkan jaringan bisnis anda. Blog anda adalah tempat di mana anda dapat berbagi anekdot yang menunjukkan keahlian anda atau posisi anda pada topik industri yang kontroversial. Dan akan menghasilkan traffic ke situs anda sehingga mesin pencari mengidentifikasi kata kunci di blog.

5. Jadilah Sosial
Kembangkan jaringan bisnis anda dengan menggunakan situs dan aplikasi media sosial, seperti LinkedIn, Twitter, facebook dan komunitas jaringan online lainnya. Namun, sebelum anda terjun ke media sosial, anda harus sepenuhnya memahami medium, cara kerjanya, dan bagaimana anda dapat menggunakannya untuk menguntungkan bisnis Anda. LinkedIn adalah tempat yang bagus untuk memulai dan mengembangkan jaringan bisnis anda. Twitter dan instagram adalah situs mikroblog yang akan melengkapi blog anda.

Menggunakan kombinasi dari taktik pengembangan bisnis yang teruji dan bersama dengan strategi media sosial baru, jaringan bisnis anda akan tumbuh, seperti halnya perusahaan anda. Selamat mencoba dan sukses!