Laman

  • Home

Jumat, 27 Juli 2018

10 Kiat Meningkatkan Penjualan.



10 Kiat Meningkatkan Penjualan.


Berbicara masalah sales dan marketing pasti selalu mendapatkan perhatian para pelaku UMKM karena memang kondisi mereka sebagian besar masih berkutat di permasalahan tersebut. Meskipun sebenarnya permasalahan di lapangan bermacam-macam mulai dari sisi produknya, dari sisi pasarnya maupun dari sisi cara menggarap pemasaran dan penjualannya.

Dalam pemasaran dan penjualan, apapun yang telah anda capai tahun lalu belum cukup untuk hari ini karena usaha anda semakin berkembang dan biaya yang anda keluarkan semakin besar. Oleh sebab itu perlu upaya-upaya meningkatkan penjualan anda dari tahun sebelumnya, dan beberapa kiat berikut bisa dicermati:

1. Perjelas Misi Bisnis Anda. 

Mulailah dengan memahami ceruk (niche) bisnis Anda. Apa yang terbaik untuk anda? Siapa yang butuh apa yang anda lakukan? Bagaimana cara terbaik mendekati prospek ini? Berapa banyak yang mereka bisa bayarkan? 
Jika pertanyaan-pertanyaan ini tidak terjawab dengan mudah, maka mulailah perjelasan misi bisnis dan visi bisnis anda.

2. Pisahkan Misi Menjadi Tujuan Tertentu.

Tuliskan setiap tujuan kegiatan (panggilan per hari, proposal per bulan, arahan per panggilan, dll.) Yang dapat Anda kendalikan. Tetapkan sasaran hasil (penjualan per bulan, jumlah per penjualan, laba per penjualan, dll.) Untuk mengukur kemajuan Anda, dan lacak dengan cermat. Tingkatkan aktivitas Anda dan ukur hasilnya. Tujuan memfokuskan perhatian Anda dan memberi energi pada tindakan Anda.

3. Jual Kepada Kebutuhan Pelanggan.

Selalu anggap prospek pelanggan hanya akan membeli apa yang mereka butuhkan. Bagaimana anda dapat meyakinkan mereka akan kebutuhan itu? Tekankan fitur produk atau layanan anda yang mengurangi biaya dan menyelesaikan masalah bagi pelanggan. Kadang-kadang anda dapat memposisikan barang-barang anda. Misalnya, anda menjual seragam wol untuk tampilan dan nuansa mereka; sekarang menekankan daya tahan wol dan nilai abadi. Jadilah kreatif dalam penjualan dan pemasaran Anda.

 4. Ciptakan dan Pertahankan Perhatian yang Baik.

Pemasaran yang efektif, rujukan, keterampilan penjualan yang kuat, dan pertanyaan strategis adalah kunci untuk menciptakan perhatian yang baik. Rajin melayani pelanggan dan menindaklanjutinya adalah kunci untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

5. Jual dengan Sengaja.

Ketahuilah apa yang harus dilakukan dan mengapa anda melakukannya di setiap langkah di sepanjang jalan. Siapa yang anda targetkan dan mengapa? Apa yang akan kamu katakan pada mereka dan mengapa? Apa yang akan Anda tanyakan kepada mereka dan mengapa? Bagaimana proposal Anda akan terlihat dan mengapa? Kapan kamu akan meminta pesanan? Jika Anda tidak yakin dengan diri sendiri di setiap langkah proses penjualan, dapatkan beberapa pelatihan atau bimbingan dari para ahli.

6. Tanyakan, Dengarkan, dan Bertindak.

Lebih baik dari yang lain, ketiga kata ini meringkas keberhasilan dalam penjualan. Pertanyaan Anda harus kreatif, terencana, relevan, dan langsung. Keterampilan mendengarkan Anda harus sangat dikembangkan. Anda harus merespons dan mengambil tindakan yang membuktikan bahwa Anda mendengarkan pelanggan dan menginginkan penjualan.

7. Ambil Tanggung Tawab Tetapi Bukan Kepercayaan.

Sadarilah bahwa anda adalah pemimpin tim. Perusahaan mencari anda untuk suatu tujuan dan mendukung upaya anda untuk hal tersebut. Untuk membangun tim pendukung yang kuat yang bersedia bekerja ekstra ketika Anda membutuhkannya, berikan tim Anda kepercayaan untuk semua hal yang berjalan dengan benar, dan anggaplah salah saat terjadi kesalahan.

8. Kerjakan Hal-Hal Mendasar.

Bahkan yang terbaik dari yang terbaik memiliki ruang untuk perbaikan. Buat keputusan untuk memperbaiki kelemahan anda, dan tetapkan tujuan untuk memaksa diri melakukan hal-hal yang tidak anda sukai. Jadilah lebih kreatif dalam keterampilan pencarian prospek, fakta, dan presentasi Anda. Bayangkan menjadi penjual yang sempurna dan bandingkan diri anda dengan idealisme tersebut.

9. Kembangkan Sikap Anda.

Sikap Anda dapat dikendalikan. Taklukkan rasa takut anda. Ubah keyakinan yang membatasi kesuksesan anda. Kebiasaan berpikir anda mengendalikan komitmen, antusiasme, ketekunan, ketahanan, kebahagiaan, dan kepercayaan diri anda. Sadarilah mereka, putuskan mana yang tidak produktif, lalu buat komitmen untuk berubah. Dengan waktu dan upaya, anda bisa menjadi orang yang anda inginkan.

10. Maksimalkan Waktu Anda.

Fokus pada tujuan Anda. Uji setiap aktivitas untuk kepentingan dan urgensinya. Buat jadwal yang ideal, dan uji penggunaan waktu Anda yang sebenarnya terhadapnya setiap hari. Ingat, hanya satu jam sehari digunakan lebih produktif menambahkan hingga lebih dari enam minggu ekstra waktu produktif dalam setahun. 

Semoga sharing singkat ini bermanfaat bagi teman-teman UMKM yang sedang fokus untuk mengembangkan penjualan. Semoga sukses!