Laman

  • Home

Senin, 28 Mei 2018

Membangun Jejaring Pemasaran dengan Alibaba.Com.

Meet Up dengan Team Alibaba.Com Jawa Tengah
Jika bicara masalah pemasaran ekspor, pasti kurang lebihnya kita akan menyebut-nyebut nama Alibaba.Com yang sudah lama dikenal sebagai eCommerce ekspor. Dengan kiprah selama kurang lebih 20 tahun, Alibaba.Com telah membukukan data base eksportir dan importer yang sangat luar biasa sehingga apapun lead yang kita tawarkan memiliki peluang besar dalam mendapatkan tanggapan dari buyer.

Bahkan belum lama ini kita mendengar bahwa beberapa eCommerce besar di Indonesia pun sebagian sahamnya telah dibeli oleh Alibaba.Com, yang artinya adalah bahwa Alibaba.Com terus berupaya menghimpun data base perdagangan yang semakin luas. 

Dengan informasi tesebut di atas tidak salah jika kami mencoba untuk ngobrol santai dengan perwakilan Alibaba.Com di Semarang untuk menjajagi berbagai peluang kerjasama jaringan pemasaran dengan Alibaba. Tidak akan pernah ada ruginya bicara dengan ahlinya, semua akan menjadi informasi yang bermanfaat.

Kali ini Team Alibaba.Com diwakili oleh Mas Fahri yang sudi menyempatkan waktunya datang ke kantor kami, dan ngobrol selama kurang lebih 2 jam. Dari obroalan ini banyak hal yang bisa kami kerjasamakan ketika melihat Alibaba.Com mencari perusahaan (eksportir) yang sudah siap untuk melakukan ekspor secara FCL untuk ditawarkan menjadi member dari Alibaba.Com, karena begitulan platform income generating dari Alibaba.Com. 

Di sisi lain, Alibaba.Com melihat bahwa program Rumah UMKM memiliki peluang besar untuk membangun dan mengarahkan UMKM di Jawa Tengah ke level yang diinginkan oleh Alibaba.Com. Hanya saja untuk perusahaan level UMKM, masih ada sedikit ganjalan dengan nilai membership yang (menurut kami) masih di atas jangkauan UMKM, karena nilainya sekitar Rp 22.5 juta per tahun. Dan hal ini perlu ada solusi antara kami, misalnya dengan cara konsorsium atau dengan trading house.

Hal lain yang menguntungkan UMKM adalah peluang pelatihan gratis terkait pemasaran ekspor dan prosedur ekspor di kantor Alibaba.Com sebagai kerjamsama dengan Rumah UMKM dimana kami juga akan terlibat dalam pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan ini juga, Mas Fahri mengatakan bahwa potensi ekspor Indonesia termasuk Jawa Tengah sanagt besar namun belum banyak dari para eksportir ini tergerak untuk memasuki era pemasaran baru dengan eCommerce. Kebanyakan dari mereka masih percaya dengan metode lama dan konvensional, yang jika dihitung secara biaya sebenarnya lebih mahal dari sekedar biaya membership di Alibaba.Com. Tugas team Alibaba.Com di Jawa Tengah ini adalah untuk mengedukasi para eksportir mengakrabi eCommerce ekspor.

Di China sendiri, kultur pemasaran dengan eCommerce sudah jauh lebih baik daripada Indonesia meskipun sebenarnya potensi produknya Indonesia pun tidak kalah dari China. Untuk sementara ini pasar yang dibidik oleh Alibaba.Com adalah perusahaan besar yang berorientasi ekspor di Jawa Tengah.

Mas Fahri juga mengatakan bahwa traffic perdagangan di Alibaba.Com saat ini tinggi dan yang bisa disupply oleh Jawa Tengah adalah VCO, briket, minyak atsiri, furnitur dan handicraft. Untuk produk-produk tersebut ada program sendiri dari team Alibaba.Com untuk mengakselerasi ekspor para UMKM yang memproduksi produk-produk tersebut di atas. 

Dengan data base yang luar biasa di bidang perdagangan eskpor, Alibaba.Com memberikan peluang yang tinggi dalam pemasaran ekspor melalui portalnya. Sukses!