Laman

  • Home

Sabtu, 05 Mei 2018

GIZIDAT, UKM Andalan Dari Kabupaten Cilacap Untuk Ajang UKM Pangan Award 2018.

GIZIDAT, salah satu peserta UKM Pangan Award 2018
UKM Pangan Award 2018 dimulai lagi dan pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Tengah mengajukan andalan mereka masing-masing. Semua pendaftaran telah masuk ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah untuk diseleksi dan dilakukan kunjungan fisik untuk melihat dari dekat aktivitas dan fasilitas produksi yang dimiliki serta memberikan kurasi atas produk dan kemasannya.

Putaran pertama ini kami mengunjungi Kabupaten Cilacap untuk melihat produk GIZIDAT yang telah berhasil meraih omzet yang cukup bagus melalui pemasaran online. Produk madu yang ditambahkan sari ikan sidat ini memang sangat masif melakukan promosi dan penjualan secara online.

Dalam kunjungan ini kami melihat bahwa pelaku UMKM ini telah mempersiapkan pengembangan fasilitas produksi yang lebih hygienis dan memenuhi standard yang dipersyarakat untuk produk. Sistem produksinya pun sudah relatif tertata dan memadai untuk pengembangan produksi lebih lanjut.

Pemanfaatan Produk Lokal

Kroya selama ini dikenal sebagai sentra budi daya ikan sidat, sehingga memberikan ide produksi GIZIDAT ini, sementara madu hutan yang menjadi bahan utama didatangkan dari luar daerah Cilacap. Proses pengolahan GIZIDAT ini memang didasari oleh pengetahuan dan pengalaman si pelaku UMKM, Tatang Mulyadi, yang telah lama berkecimpung dalam pabrikasi jamu herbal.

Pemanfaatan jaringan pemasaran online dari teman-teman masa lalunya, membuat promosi dan pemasaran produk GIZIDAT cukup berhasil dalam waktu yang cukup singkat. Bukti bahwa networking merupakan strategi marketing yang jitu telah dibuktikan oleh Mas Tatang Mulyadi ini disamping pemanfaatan IT yang juga dikuasai oleh team pemasarannya.

Dalam hal distribusi dan pemasaran, Mas Tatang Mulyadi menyerahkan sepenuhnya kepada rekanan distribusi karena mau fokus kepada konsistensi kualitas dan pengembangan kapasitas produksinya.

Beberapa kurasi dari kami tentang penyempurnaan kemasan dan legalitas usaha telah kami sampaikan kepada pelaku UMKM untuk lebih mengangkat pamor UKM Pangan Award 2018, yang tahun ini juga ada pemilihan pemenang untuk tingkat propinsi Jawa Tengah.

Kami berharap dari kabupaten dan kota lain di Jawa Tengah ada yang menjadi rival dari produk GIZIDAT ini agar ajang UKM Pangan Award 2018 semakin seru dan semarak. Sukses!