Laman

  • Home

Jumat, 13 April 2018

GULANAS, Perjalanan Panjang Menyakinkan Sebuah Kualitas.

Joko Budi Wiryono - PT Gula Energy Nusantara
Pasti apa yang telah dicapai saat ini jauh lebih enak dipandang daripada 2 sampai 5 tahun sebelumnya. Meskipun masih berproses, jerih payah lebih selama dari 5 tahun dari GULANAS telah mulai menuai hasil, selain mulai mendapatkan awareness dari masyarakat juga mendapatkan kepercayaan dari berbagai industri dan bisnis.

Kami sangat beruntung bisa mendampingi UMKM ini lebih dari 5 tahun, sehingga perjalanan berat yang dilaluinya pun bisa kami rasakan. Sama-sama belajar, perusahaan belajar untuk selalu bisa bangkit dan kami pun belajar untuk melihat kenyataan bisnis. Tidak semuanya mulus, tidak semua teori yang ada sesuai dengan kenyaataan namun banyak juga teori yang bisa diterapkan dengan baik dan bahkan memberikan pengalaman bagi kami untuk terus menyempurnakan setiap teori yang kami yakini.

Kami sadar sepenuhnya bahwa mengubah kebiasaan atau kultur mengkonsumsi gula pasir dari masyarakat tidak bisa serta merta kami lakukan, butuh waktu, yang penting masyarakat tahu bahwa ada gula tebu dalam bentuk cair dan ada juga gula kelapa atau aren dalam bentuk cair. Yang penting masyarakat tahu bahwa kami buat dalam bentuk cair adalah untuk memberikan nilai kepraktisan dan nilai efisiensi.  Kestabilan struktur gula dan hygienitas adalah kelebihan lain yang mungkin tidak kami sampaikan kepada masyarakat umum, melainkan kepada pasar bisnis.

Investasi waktu, tenaga, pemikiran dan biaya yang telah dikeluarkan oleh PT Gula Energy Nusantara dalam perjalanan untuk mendapatkan awareness dari masyarakat telah dimulai dari sejak 2015 lalu saat perusahaan retail modern sudah mulai melirik produk ini hadir di rak dispaly-nya. Perlahan namun pasti, beberapa distributor di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya pun sudah meminang wilayah pemasaran kepada UMKM ini.

Saat ini pemasaran GULANAS sedang difokuskan untuk distributor di luar Jawa, industri franchise minuman, Cafe Teh, dan industri. Ketika awareness masyarakat telah tumbuh, maka hal ini akan memudahkan mitra distributor dalam penjualan. Sementrara itu dari pasar industri, meskipun harus melalui perjalanan panjang namun banyak industri minuman yang sudah merasa cocok dengan kualitas dari GULANAS, disamping karena pertimbangan kepraktisan dan kestabilan kualitasnya.

Beberapa franchise minuman baik lokal, nasional maupun nasional pun saat ini sudah memilih produk gula cair gulanas dengan pertimbangan praktis dan stabil kualitasnya sehingga membantu mereka dalam menjaga cita rasa resep minumannya. Bahkan untuk menjaga konsistensi rasa es teh pun, beberapa resto telah memutuskan untuk menggunakan gula tebu cair GULANAS.

Investasi Peningkatan Produksi
 

Peningkatan kapasitas pun telah dipikirkan sejak awal ketika produk ini telah dikenal masyarakat. Konsep gula cair ini harus digarap sebagai sebuah industri, tidak cukup digarap dengan perusahaan skala UMKM, oleh sebab itu GULANAS telah mempersiapkan beberapa alternatif investasi pendirian pabrik yang akan ditawarkan kepada investor yang benar-benar memahami industri gula.

Tujuan dari pendirian pabrik ini adalah untuk menanggapi permintaan dari berbagai industri minuman dan kecap yang telah berkomitmen order dengan GULANAS, sehingga bisa dikatakan untuk pasar industri sebenarnya GULANAS telah memilki prospek yang definitif.

Kegiatan produksi yang telah rutin saat ini adalah untuk memenuhi pesanan dari mitra distributor dan beberapa franchise minuman di kota-kota besar. Sebuah perjuangan panjang dalam membangun rutinitas produksi, yang ketika 2 atau 3 tahun yang lalu masih berupa impian bagi kami.

Tidak mudah merubah kebiasaan dari gula pasir ke gula cair, namun GULANAS tidak akan pernah berhenti mengingatkan konsumen untuk mencoba dan memutuskan sendiri gula apa yang akan konsumen pakai. Alami, praktis, hygienis dan stabil - hanya itu yang bisa kami janjikan kepada konsumen. Terima kasih atas kepercayaan konsumen kepada GULANAS.