Laman

  • Home

Jumat, 06 April 2018

Desain Kemasan, Ingin Berkelas Harus Berani Berinvestasi.

Masalah desain kemasan produk merupakan masalah yang paling sering muncul dalam pembinaan UMKM.

Pembina dan konsultan pendamping UMKM adalah pihak yang paling dianggap tahu mengenai permasalahan-permasalahan UMKM di lapangan karena mereka adalah pihak yang paling sering berinteraksi langsung dengan UMKM, sebagaimana yang kami lakukan. Dari banyak permasalahan kami ketahui, maka yang paling tampak di "luaran" adalah masalah modal usaha dan pemasaran. Bagi kami modal adalah bahasa yang paling mudah untuk mengatakan bahwa masalah mereka adalah pemasaran, dan pemasaran adalah bahwa mudah untuk menutupi masalah sesungguhnya, yaitu masalah kualitas produk mereka itu sendiri.

Mengapa demikian, karena ketika mendapati beberapa UMKM yang mampu menghadirkan produk dengan konsep dan kualitas yang bagus maka para pelaku UMKM tersebut bisa segera keluar dari permasalahan pemasaran hanya dengan dibantu dengan dukungan promosi dan pembekalan pemasaran dalam waktu singkat. Namun ketika masalah mereka masih sangat mendasar yaitu konsep dan kualitas produk maka masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Anggap saja banyak produk UMKM sudah banyak yang bagus, unik dan khas, masuk sedikit ke dalam, maka seringkali kami dihadapkan kepada masalah kemasan produk yang selalu hadir dengan balutan masalah pemasaran. Harus segera ada solusi praktis menghadapi hal ini.

Memberikan pembekalan dan pelatihan pemasaran? Memang perlu tapi belum bisa dikatakan segera menyelesaikan masalah, hanya sekedar mereka (para UMKM) tahu masalah mereka dan apa yang harus mereka kerjakan. Hal praktisnya adalah sebuah "layanan komersial" dalam desain dan produksi kemasaran itu sendiri.

Kerjasama Dengan Mitra Desainer Kemasan

Apa yang kami lakukan untuk memberikan solusi atas hal tersebut di atas adalah segera mengumpulkan mitra-mitra desainer, mulai dari yang freelance maupun institusi desain grafis seperti Sooca Design yang telah merapat kepada kami awal tahun ini. Rumah Kemasan itulah konsep yang kami coba untuk kembangkan, yang tujuannya adalah untuk memberikan one-stop-solution atas permasalah kemasan produk.

Tidak hanya sekedar desain kemasan yang menarik dan modern, karena mitra yang kami rekrut ini digawangi anak-anak muda, namun para pelaku UMKM juga bisa menyerahkan produksi kemasaran kepada mereka sebagai solusi one-stop-shopping. Hanya satu yang para pelaku UMKM harus lakukan, persiapkan investasi untuk mendapatkan desain kemasan yang super.

Jika selama ini para pelaku UMKM hanya berpikir jangka pendek atas biaya kemasan, yaitu dengan memasukkannya dalam biaya produksi maka sudah saatnya kami ingin mengajak UMKM untuk menempatkan biaya desain dan produksi kemasan sebagai investasi tahunan mereka yang akan mereka bagi dengan biaya produksi selama setahun sehingga biaya tersebut tidak terlalu besar untuk setahun produksi. Berpikir dengan range waktu setahun akan membuka pemikiran bahwa kemasan yang bagus bukan biaya yang mahal, dibandingkan jika berpikir biaya kemasan untuk setiap proyek.

Dengan back up dari beberapa desainer freelance dan Sooca Design, maka layanan Rumah UMKM menjadi berkembang. Sementara untuk konsultasi dan kurasi kemasan memang sudh rutin dilayani oleh Rumah UMKM dalam setiap konsultasinya. Sukses selalu!