Laman

  • Home

Kamis, 05 April 2018

BCG Consultant Manajemen, Kami Siapkan Konsultan Profesional Untuk UMKM Yang Siap Naik Kelas.

Joko Priyono, CEO BCG Consultant Semarang
Mau ngomong UMKM Naik Kelas tanpa ngobrol dulu dengan penulis buku UKM Naik Kelas sepertinya kurang seru. Dan kebetulannya lagi, kedua penulis buku tersebut Mas Joko Priyono dan Mas Husin Syarbini adalah teman lama saya. Mas Joko Priyono memang dikenal sebagai konsultan manajemen dengan spesialiasi di akunting sementara Mas Husin Syarbini adalah food (baking) consultant. 
Saya telah ngobrol banyak dengan Mas Joko Priyono tentang bagaimana mewujudkan UKM naik kelas, bukan hanya sekedar slogan namun secara detail dan langkah-langkah yang harus diambil. Sebagai CEO dari BCG Consultants, yang sudah banyak menangani sistem manajemen dan keuangan perusahaan-perusahaan PMA di Indonesia, tentunya beliau sangat paham apa yang menjadi kendala perusahaan kecil yang ingin berkembang menjadi lebih besar. Bukan sekedar dalam hal legalitas usaha, manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen produksi dan operasi serta manajemen pemasaran, namun terkait juga dengan perkembangan situasi perkembangan jaman yang berlangsung saat ini.
Transformasi selalu dibutuhkan. 
Inti dari transformasi adalah bagaimana perusahaan membuat langkah-langkah brilian untuk membuat perusahaan tetap relevan dengan jaman dan berlari di depan pesaing. Sebagus apa pun sebuah perusahaan, apalagi perusahaan kecil, transformasi tetaplah harus menjadi bagian penting bila tidak ingin drastis jatuh ke bawah, ataupun stagnan, dan terus berada di kenyamanan yang sama dari tahun ke tahun. 
Agar tetap relevan dengan jaman, agar tetap bisa terus berlari di depan para pesaing yang lebih gesit dan lebih lapar kesuksesan, agar perubahan-perubahan di era yang ‘semuanya bergerak sangat cepat’ ini, dan agar tidak tergilas habis namun perusahaan masih bisa mengukuhkan eksistensinya dalam bisnis.



“If you don’t transform your company, you’re stuck” (Ursula Burns).


Dalam melakukan transformasi tersebut, tak jarang pelaku UMKM membutuhkan bantuan dari pihak luar seperti konsultan, trainer, coaching, dan penasehat. Mereka dapat anda ajak berdiskusi tentang kendala yang Anda hadapi dalam mendirikan, menjalankan, dan mengembangkan usaha Anda. Mereka dapat menjawab pertanyaan Anda secara obyektif. Mereka juga dapat memunculkan ide atau pertanyaan yang terkadang berguna bagi bisnis Anda.
Jadi, keberadaan konsultan, trainer, coaching, dan penasehat sangat penting bagi para pelaku UKM karena keberadaan mereka diharapkan mampu membantu para pelaku UKM untuk melakukan transformasi secara efektif dan efisien dengan memberikan masukan, arahan, dan bimbingan yang tepat.
Kerjasama BCG Dengan Rumah UMKM
Kesamaan visi untuk ikut membantu UMKM naik kelas ini yang membawa kami untuk bekerjasama memberikan layanan profesional kepada pelaku UKM (Kecil dan Menengah) yang ingin bertransformasi menjadi lebih besar, mulai trasformasi legalitas maupun perbaikan semua sistem manajemen yang dibutuhkan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman.
Jelas layanan ini adalah layanan komersial dan berbayar, oleh sebab itu kami hanya tawarkan kepada pelaku usaha yang berskala kecil dan menengah, karena secara finansial mereka seharusnya sudah mampu untuk membenahi manajemen perusahaannya menjadi lebih profesional.
Beberapa contoh UKM yang telah bertransformasi di bawah bimbingan BCG Consultants adalah: Coklat Monggo, Lazetta dan Roti Mirasa.
Lazetta, PT Tripangan Maju Sejahtera.

Roti Mirasa, PT Pangan Makmur Mulia.

Coklat Monggo, PT Anugerah Mulia Indobel.
Dalam pembenahan manajemen tersebut pasti para pelaku UKM butuh bimbingan dari konsultan yang berpengalaman, karena banyak hal dalam sistem dan strategi yang harus dilakukan agar perusahaan menjadi lebih profesional di mata konsumen dan investor.
Menarik di mata investor menjadi sangat penting, karena dalam kondisi berkembang para pelaku UKM membutuhkan suntikan dana dan hanya dengan sistem manajemen yang rapi dan profesional saja para investor akan lebih tertarik berkerjasama dengan UKM.
Semoga layanan-layanan profesional yang kami sediakan akhir-akhir ini bisa membantu UKM Jawa Tengah menjadi UKM yang berdaya saing global. Sukses selalu!