Laman

  • Home

Senin, 16 April 2018

Apakah Kita Sudah Perlu Seorang Manajer Social Media Untuk Bisnis Kita?

Social media penting untuk membuat bisnis kita tetap terkoneksi.
Hanya sedikit orang yang menyangkal manfaat yang dapat diberikan oleh media sosial kepada bisnis mereka akhir-akhir ini sehingga semakin banyak pemilik bisnis yang datang ke ide tersebut. Hal inilah yang menyebabkan Manajer Komunitas (adalah istilah industri untuk manajer media sosial) menjadi banyak diminati.

Mes
kipun begitu masih banyak muncul kebingungan di antara para pemilik bisnis, terutama bisnis skala kecil dan menengah, apakah mereka akan melakukan outsource pengelolaan socail media atau bahkan melakukan pengelolaan social media mereka sendiri dengan merekrut seorang manajer komunitas. Berikut ini adalah pertimbangan-pertimbangan yang masuk akal untuk hal-hal tersebut:

Mengapa Anda Mungkin Tidak Membutuhkan Manajer Komunitas?

Dalam banyak kasus, tidak masuk akal bagi pemilik usaha kecil untuk menyewa komunitas di sini. Inilah alasannya:

1. Tidak Ada yang Tahu Bisnis Anda Sama baiknya dengan Anda.Ini adalah realitas yang tak terbantahkan. Bukan hanya Anda mengkhususkan diri dalam industri atau niche Anda, tetapi Anda juga mengkhususkan pada hal-hal yang membuat bisnis Anda unik.Kebanyakan manajer komunitas profesional adalah generalis yang mengelola komunitas untuk berbagai bisnis. Mungkin sulit untuk menemukan seseorang yang tahu tentang bidang usaha Anda seperti Anda. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manajer komunitas baru untuk mempercepat apa yang sebenarnya menjadi tujuan perusahaan Anda.Tidak peduli seberapa pintar dan siapnya mereka, manajer komunitas yang dialihdayakan tidak akan dapat menggantikan Anda.

2. Anda Sudah Terintegrasi Dengan Bisnis AndaBanyak konten sosial yang bagus berasal dari operasi bisnis Anda sehari-hari. Apakah Anda mendapat ada mendapatkan pesanan besar dari setiap hadirnya produk baru? Apakah restoran Anda menawarkan hal yang spesial yang berbeda setiap hari? Manajer komunitas yang di-outsource tidak akan berada di lokasi untuk mengambil foto dan membagikannya dengan komunitas Anda. 

Bagaimana jika Anda memiliki salon dan Anda ingin mendorong bisnis selama periode tertentu yang lebih cepat? Satu-satunya cara untuk memanfaatkan peluang itu adalah jika manajer komunitas Anda di sana, bukan di luar bisnis Anda.

3. Orang-Orang Mengharapkan Anda Dapat Diakses Melalui Media SosialBanyak orang tidak menyadari bahwa ketika pelanggan menjangkau bisnis online — terutama bisnis tempat mereka pernah bertemu dengan pemilik di masa lalu — mereka berharap dapat berkomunikasi dengan pemilik. Pemasar tahu bahwa itu tidak sering terjadi, tetapi teman, keluarga, dan klien reguler Anda percaya bahwa Anda adalah orang di ujung lain dari smartphone mereka. Jika manajer komunitas Anda tidak menyadari hubungan yang ada, interaksi online dapat masuk ke wilayah canggung dengan sangat cepat.

4. Anda Dapat Mempelajari Banyak Tentang Bisnis Anda Dari Komunitas Online AndaJika Anda ingin memengaruhi langsung pelanggan Anda atau mendapatkan umpan balik yang solid dan ide bisnis baru, tidak perlu mencari lagi. Ini adalah salah satu bagian paling berharga dari media sosial dan kesempatan ini terlalu bagus untuk diberikan kepada orang luar! Pelanggan Anda akan memberi tahu Anda apa yang mereka sukai, dan mereka terutama akan memberi tahu Anda apa yang mereka benci. Media sosial adalah cara sederhana untuk mendapatkan pemberitahuan tentang masalah serius (termasuk staf yang bermasalah), menjawab pertanyaan atau kekhawatiran umum, dan tentu saja, belajar mengapa pelanggan memilih Anda dalam persaingan bisnis ini.

Masih Berpikir Butuh Manajer Komunitas?Terlepas dari nilai dan manfaat yang jelas dalam melakukan media sosial Anda sendiri, banyak orang masih percaya bahwa mereka perlu mempekerjakan orang lain. Kecuali Anda menjalankan bisnis berbasis web, atau Anda cukup besar untuk mempekerjakan seseorang sepenuh waktu, saya tidak merekomendasikannya.Hanya ada dua alasan mengapa pemilik bisnis mengatakan mereka membutuhkan bantuan media sosial.
  1.     Mereka tidak punya waktu.
  2.     Mereka tidak tahu harus berbuat apa.
Kedua keberatan ini dapat diatasi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyederhanakannya. Dan ini kondisi ini adalah kondisi dimana Anda mungkin ingin sedikit bantuan.Seorang ahli strategi sosial akan membantu Anda mengembangkan proses untuk menyederhanakan pemasaran media sosial Anda. Mereka bisa:
  1.     Memberikan pelatihan khusus
  2.     Tentukan di mana Anda harus menghabiskan waktu Anda
  3.     Periksa secara rutin untuk memastikan semuanya benar-benar berfungsi
  4.     Membangun kalender konten sehingga Anda memiliki rencana aksi
  5.     Membuat Anda tetap up-to-date pada lanskap yang terus berubah
Demikian apa yang bisa kami bagikan kepada teman-teman UMKM semau, bahwa mereka belum membutuhkan manajer komunitas, yang mereka butuhkan adalah bahwa mereka masih mampu menangani social media mereka sendiri dengan alasan-alasan tersebut di atas hanya saja mereka perlu mendapatkan pelatihan yang memadari dalam menyederhanakan pengelolaan social media mereka dan membuat konten-konten dari bisnis mereka sendiri. Tidak ada yang lebih paham bisnis mereka dibandingkan mereka sendiri.
Ketika di jaman digital ini dikenal bahwa strategi marketing yang hebat adalah "Connected" atau terkoneksi maka pelaku usaha harus tahu bahwa mereka-lah titik koneksi tersebut, dengan cara apa? Mereka-lah yang menjadi titik koneksi bukan manajer komunitas yang mereka sewa.