Laman

  • Home

Rabu, 07 Februari 2018

Konser UMKM, Apa Itu?

Konser UMKM adalah Konsultasi & Sharing UMKM yang dipandu oleh expert.
Boleh donk kita punya istilah sendiri untuk program kami di Rumah UMKM, yaitu Konser UMKM yang merupakan kemudahan pengucapan dari singkatan KonShare UMKM. Konser UMKM adalah konsultasi dan sharing UMKM dengan dipandu oleh expert untuk lebih mendalami permasalahan yang dihadapi oleh UMKM secara langsung.

Expert yang kami datangkan bisa dari lokal maupun dari luar negeri, seperti beberapa bulan yang laiu kami mengundang Shireen Poyck dari PUM Belanda untuk memberikan Konser UMKM di bidang komunikasi pemasaran. UMKM yang kami undang adalah UMKM yang telah kami kategorikan dalam satu kategori khusus, misalnya pangan, kerajinan, mebel ataupun kategori UMKM yang siap ekspor.

Kegiatan Konser UMKM ini nantinya akan menjadi platform kami dalam mendalami masalah UMKM yang terjadi di lapangan, dimana kami ingin mendengar secara langsung permasalahan dari para pelaku UMKM itu sendir dan bukan yang menyimpulkan permasalahan tersebut. Dengan memahami permasalahan UMKM di lapangan, kami akan memiliki bahan untuk kami analisis dan berikan solusi kepada mereka sebagaimana permasalahan yang mereka hadapi.

Kegiatan ini akan menjadi sangat efektif ketika UMKM diwakili oleh pemilik usaha itu sendiri, sehingga mereka bisa memberikan gambaran permasalahan yang sesungguhnya mulai dari apa yang menurut mereka menjadi kendala dan apa yang telah mereka capai. Mereka juga bisa menyampaikan harapan-harapan mereka dengan keberadaan Rumah UMKM bagi pemecahan permasalahan mereka. Jumlah konser yang paling efektif adalah 10 pelaku UMKM di kategori yang sama, sehingga kami mudah menyiapkan expert yang bisa membimbing mereka. 

Kegiatan Konser UMKM yang telah dilakukan.
Pembekalan materi sebelum diskusi dan konsultasi.
Konser UMKM ini nantinya akan menjadi model pendampingan kami kepada para pelaku UMKM, selain konsultasi UMKM yang telah kami lakukan. Konser ini bisa dikerjasamakan dengan instansi terkait sebagai bagian dari program pembinaan UMKM mereka.