Laman

  • Home

Selasa, 21 November 2017

Desain Produk & Kemasan; Kita Ketinggalan Di Sini.


Masalah desain produk dan kemasan selalu muncul dalam rutinitas pembinaan UMKM
Sepertinya ada beberapa key word dalam pembinaan UMKM yang sering muncul, yaitu pemasaran dan desain kemasan, tidak saja dalam setiap lawatan pelatihan UMKM di daerah-daerah maupun saat menjadi juri di beberapa event, terutama juri UKM Pangan Award. Lebih-lebih lagi jika bicara produk pangan, maka frekwensi kemunculannya jauh lebih sering dan bisa dikatakan masalah-masalah ini yang muncul ke permukaan terlebih dahulu.

Memang desain masih menjadi kepedulian kami selain dari kualitas produk itu sendiri, jika dalam produk pangan kualitas yang saya tekankan adalah pada unsur sustainable, local, original (organic) maupun wholesome (sehat) atau SLOW-nya dan pastinya adalah CITA RASA, sementara untuk produk kerajinan dan furnitur kualitas yang krusial selain desain adalah workmanship. 

Hari ini saya diuntungkan dengan hadirnya Mas Noviaji Wibisono dari Socca Design yang siap membantu desain para UMKM, terutama yang ingin segera naik kelas dan sudah menyadari bahwa desain produk dan kemasan adalah sebuah investasi. Tetapi dalam diskusi kami pun, saya meminta bantuan Mas Aji untuk memikirkan UMKM kelas mikro dan kecil yang sangat ingin dibantu dalam hal desain terutama desain kemasan.

Memberikan gambaran kebutuhan desain kemasan kepada desainer kemasan menjadi tugas kami (Rumah UMKM) agar para desainer paham akan apa yang dibutuhkan oleh UMKM. Dalam diskusi ini kami juga membahas bagaimana memenuhi kebutuhan UMKM yang masik skala mikro, yang belum ada kemampuan finansial untuk membayar jasa desain. Untuk kasus ini kami akan memberdayakan adik-adik mahasiswa visual grafis yang akan kami bina untuk bisa melayani kebutuhan ini.

Kesepakatan kami adalah memberikan layanan desain kemasan sampai dengan produksi kemasannya bagi semua level UMKM, baik start up, mikro, kecil maupun menengah. Layanan kami ini adalah Rumah Kemasan yang nantinya akan bekerjasama degnan Socaa Design yang digawangi oleh Mas Noviaji.  

Desain kemasan merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran, terutama pemasaran digital yang mempersyaratkan visual produk yang menarik. Oleh sebab itu layanan desain kemasan dan sekaligus produksinya merupakan kebutuhan bagi para pelaku UMKM. Selain bekerjasama dengan mitra desain kami juga bekerjasama dengan mitra percetakan sehingga layanan yang diberikan oleh Socca Desain di bawah payung Rumah Kemasan merupakan one-stop-solution bagi UMKM. Semoga bermanfaat !