Laman

  • Home

Senin, 13 November 2017

Business Matching, Bagi Start Up

Mencari mitra yang tepat bagi start up Krenova 2016 - 2017
Memberikan fasiltitasi business match adalah bagian dari kegiatan dalam  inkubator bisnis, sebagaimana pada hari Senin 13 November 2017 ini di Hotel Grand Edge, kami mempertemukan 10 inventor Krenova 2016 dan 2017 dengan beberapa perusahaan dan pihak-pihak yang bisa menjadi investor dari para tenant inkubator bisnis ini. 

Akan ada 10 inventor yang akan mempresentasikan temuannya di hadapan belasan wakil perusahaan yang telah disesuaikan degan bidang temuan mereka. Kesempatan 5 menit yang dimiliki oleh inventor merupakan langkah menuju perubahan besar dalam bisnisnya sehingga perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Seringkali kita temui bahwa banyak produk startup dan UMMK yang "away from the market" atau jauh dari kebutuhan pasar sehingga menyebabkan pemasaran produknya terkendala. Permasalahan dalam pemasaran ada 3 komponen, yaitu: produk, customer dan branding. Masalah produk adalah yang paling awal kami temui, mulai dari kualitas, kemasan sampai dengan kapasitas dan kontunuitasnya. Masalah legalitas juga sering muncul karena banyak startup yang belum paham benar dengan masalah perijinan dan sertifikasi produk.Tujuan legalitas produk adalah untuk melindungi konsumen dan produsen itu sendiri.

Pada kegiatan business match ini kami akan mencoba memperkenalkan dengan cara menghadapkan para tenant inkubator dengan pasar yang sebenarnya, agar mereka bisa mempresentasikan produk mereka dan mendapatkan tanggapan secara langsung dari pasar. Memahami kebutuhan pasar adalah menjadi tujuan dalam kegiatan ini, dimana para tenant harus benar-benar bisa berkomunikasi dengan baik dengan para investor agar mereka tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh investor. Pastinya akan banyak penyesuaian-penyesuaian produk dengan kebutuhan pasar, dan tindak lanjut dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan pasar inilah yang kunci sukses dari para tenant setelah acara ini.

Kegiatan branding produk para tenant terwakili dengan kegiatan komunikasi mereka dengan para investor. Kemampuan menyampaikan apa yang mereka punya, apa yang telah mereka capai dan apa yang mereka bisa lakukan setelahnya merupakan kemampuan yang wajib mereka miliki. Para tenant juga tidak perlu sungkan menyampaikan kendala apa yang mereka hadapi dalam kegiatan bisnis mereka agar dalam acara ini mereka bisa mendapatkan solusi dari para pendamping maupun para investor.

Besar harapan kami jika para tenant berhasil melakukan komunikasi pasar dengan baik, maka akan ada beberapa mitra investor yang akan merespon apa yang telah mereka mulai. Dan kami pun telah menyiapkan pendampingan ikatan kerjasama antara para tenant dengan investor.