Laman

  • Home

Selasa, 26 September 2017

UKM Go Export di Kabupaten Sleman

UKM Go Export, Di depan para pelaku UMKM di Kabupaten Sleman
Kiprah Kadin Jateng dalam memberikan motivasi UMKM untuk Go Ekspor ternyata sudah didengar juga oleh provinsi sebelah, dan salah satu kabupatennya, yaitu Sleman, meminta bantuan Rumah UMKM untuk meluangkan waktu guna membantu Disperindag Kabupaten Sleman dalam memberikan motivasi pelaku UMKM di Sleman untuk berani ekspor. Kegiatan ini kami jadwalkan bersamaan dengan rencana sourcing produk UMKM Jawa Tengah yang dibutuhkan oleh beberapa supermarket di luar negeri di Kabupaten Magelang.

Di depan para pelaku UMKM yang berjumlah kurang lebih 40 UMKM, kami membekali cara mudah bagi UMKM dalam melakukan ekspor mulai dari bagaimana mempersiapkan produk yang dibutuhkan oleh pasar ekspor, bagaimana mengirimnya dan bagaimana memasarkan produk ke luar negeri. Semua serba sederhana sehingga UMKM bisa melakukannya.

Materi UKM Go Export merupakan materi utama dalam pelatihan ini.

Pembekalan ekspor UMK Kabupaten Sleman
Pelatihan yang dimulai sejak jam 08.00 ini, menurut para peserta, sangat bermanfaat dan memotivasi mereka untuk mempersiapkan produk yang berkualitas, disamping kelengkapan legalitasnya dan cara-cara praktis yang kami sampaikan benar-benar membuka tabir gelap mereka tentang memahami ekspor yang selama ini mereka anggap sangat sulit dan beresiko.

Memberikan pelatihan ekspor dengan cara yang konvensional memang selama ini dianggap kurang efektif karena disamping membutuhkan waktu 3 hari workshop, materi yang diberikan pun sebenarnya lebih tepat jika sasaran audience-nya para perusahaan jasa EMKL dan PPJK, bukan untuk UMKM. Harus disadari bahwa perusahaan skala UMKM belum memiliki fungsi khusus yang menangani ekspor, biasanya masih ditangani oleh pemiliknya sendiri, sementara mereka harus fokus pada produksi dan membuat produk yang berkualtas sesuai permintaan ekspor.

Cara-cara praktis yang kami bekalkan kepada para pelaku UMKM ini memberikan gambaran mudah bagi para pelaku UMKM untuk memulai memasarkan ekspor, sehingga mereka tidak perlu memadamkan semangatnya untuk masuk pasar ekspor.