Laman

  • Home

Kamis, 31 Agustus 2017

Kadin Award Dan Harapan UMKM Pada Pemerintah Daerahnya.

Kadin Award 2017 di Patra Convention Hotel
Pada hari Kamis di penghujung bulan Agustus ini Kadin Award kembali digelar setelah Kadin Award pertama tahun 2014 lalu. Event 3 tahunan ini digelar Kadin Jawa Tengah untuk memberikan peringkat kepada pemerintah daerah, kadin daerah dan asosiasi tingkat propinsi dalam kinerja organisasi dan layanannya kepada masyarakat.

Kota Semarang mendapatkan penghargaan dalam kategori Pemerintah Daerah Terbaik Sebagai Mitra Dunia Usaha. Selain itu, pemerintah Kota Surakarta, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Demak juga mendapatkan penghargaan yang sama. Sementara, Kabupaten Kudus mendapatkan penghargaan untuk kategori pemerintah daerah dalam pengembangan UMKM terbaik.

Sementara itu, untuk Kategori Kadin tingkat kabupaten/kota untuk kategori keorganisasian terbaik diraih oleh Kadin Kota Surakarta, serta kategori pelayanan jasa terbaik diberikan kepada Kadin Kabupaten Jepara. 
Tujuan event ini adalah untuk meningkatkan sinergi antara Kadin dan Pemerintah di daerah dalam membangun perekonomian Jawa Tengah. Dalam arahannya juga Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono, juga menyinggung kejadian pemerintah daerah yang tidak mengenal ketua Kadinnya. Hal ini bisa terjadi karena Kadin Daerah kurang merapat kepada pemerintah daerah atau Kadin Daerah kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah atau memang di daerah tersebut belum ada pengurus Kadinnya.

Kadin Award 2017
Kadin Award 2017, lebih besar dari Kadin Award 2017


Harapan UMKM dan Pelaku Usaha

Besar harapan dari para pelaku usaha, terutama UMKM, bahwa pemerintah daerah mendukung pengembangan usahanya dan setidaknya dengan ajang seperti ini, pemerintah yang belum terpilih bisa mengambil wacana dari pemerintah daerah yang terpilih dalam pengembangan kinerja organisasi dan pelayanannya disamping kiprahnya adalah pembinaan dan pengembangan UMKM di daerahnya.
Perekonomian Jawa Tengah didominasi oleh usaha skala kecil dan menengah, sehingga pemerintah daerah dan kadin daerah dituntut untuk memberikan fokus dan prioritas terhadap pengembangan usaha mereka. Sinergi antara kedua belah pihak dibutuhkan dalam memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat di daerahnya.
Ajang Kadin Award ini akan terus berlangsung, jika tahun ini lebih besar dari tahun 2014 maka penyelenggaraan berikutnya diharapkan lebih besar dari tahun ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Kadin Jawa Tengah telah membantu pemerintah propinsi Jawa Tengah dalam mengelar salah satu tugas dari pemerintah JawaTengah. Inilah wujud sinergi pemerintah dengan para pelaku usaha di Jawa Tengah yang terwadahi dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Propinsi Jawa Tengah.
Salam sinergi dari Kadin Jawa Tengah kepada pemerintah dan kadin di daerah, mari bangun perekonomian Jawa Tengah lebih maju lagi !