Laman

  • Home

Kamis, 25 Mei 2017

Krenova 2017 : Inovasi Bahan Baku Beras Merah Untuk Membuat Yogurt

Yogurt Beras Merah Dengan Pewarna Alam Buah Naga
Sebuah inovasi bahan baku untuk produksi yogurt dari beras merah ditemukan oleh anak-anak SMK Negeri 1 Kabupaten Tegal, yaitu Izah Nur Aini dan Fasekhu Muambar. 

Selama ini yogurt dibuat dari bahan baku susu yang difermentasi, tetapi ada ide yang dikembangkan oleh inventor untuk mencoba membuat yogurt dari beras merah dengan metode yang sama dilakukan untuk susu, dan berhasil. Team juri juga sudah mencoba produk ini yang masih menawarkan cita rasa beras merah yang alami dengan perpaduan dengan cita rasa buah naga.

Ide semacam ini cukup menarik dan menurut kami bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi produk UMKM yang bisa diandalkan, hanya saja semua team juri menyoroti brand yang coba diusung oleh adik-adik dari SMK 1 ini, karena "tidak mengena" sasaran. Dan kami meminta mereka untuk memilih brand yang lebih mendukung produk tersebut dan lebih menjual.

Bappeda Kab Tegal memperkenalkan inventor Krenova dari Kabupaten Tegal.
Kami melihat peluang bisnis yang sangat cerah dari kedua inventor yang masih sangat muda ini, mereka masih ada waktu untuk mengembangkan produk mereka lebih lanjut, tidak harus terkait dengan Krenova melainkan untuk pengembangan bisnis mereka di masa mendatang. Dan hal inilah yang kami harapkan dari ajang Krenova di Jawa Tengah ini, menjaring potensi kreasi dan inovasi dari masyarakat yang bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Tetap semangat untuk berkarya adik-adikku, kritik dan saran dari juri bukan untuk menjatuhkan kalian melainkan untuk membuat kalian menjadi pribadi yang kuat dan tegar dalam menghadapi dunia di luar sana. Lanjutkan !

Baca juga :
1. Krenova 2017 :Buat Telur Asin Cuma 3 Jam !
2. Krenova 2017 : Omah Setrum (Omset) Pintar Untuk Lokasi Wisata Yang Terpencil.
3. Krenova 2017 : Mas Roy WIbisono Mengingatkan Kembali Potensi Jawa Tengah Sebagai Sentra Keramik.
5. Krenova 2017 : SIHEGI, SI Hemat Energi Dari Kabupaten Purworejo.
6. Krenova 2017 : Rekayasa Mesin Serut Bambu 3 in 1.
7. Krenova 2017 : Alat Asah Pisau Rajang Tembakau, Meningkatkan Produktivitas Rajangan Tembakau.  
8. Krenova 2017 : Umbaran Lipat "Poliair Untuk Burung Kicauan". 
9. Krenova 2017 : Mesin Kristalisasi Dibutuhkan UMKM, Sayang Masih Pakai Gula Pasir Kristalisasinya.
10. Krenova 2017 : Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Sebagai Bahan Bakar Kompos Coswos 2112.