Laman

  • Home

Selasa, 23 Mei 2017

Ajarkan Kami Bagaimana Mengakses Dana CSR

Image result for Dana CSR
Corporate Social Respoonsibility (CSR)
Harus kami akui bahwa tidak semua hal dalam pembinaan UMKM kami kuasai, yang kami pahami saat ini adalah bagaimana membuat produk UMKM binaan kami mampu menembus pasar dalam dan luar negeri, baik pasar tradisional maupun pasar modern, baik pasar offline maupun pasar online. Sementara untuk mendapatkan pembiayaan atas operasional kami dalam menjalankan program pembinaan UMKM ini kami masih mencoba dengan pembiayaan kami sendiri.

Dengan meningkatnya tanggung jawab untuk menjangkau lebih banyak UMKM di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah, sudah tentu kami butuh back up pembiayaan dari dana CSR beberapa perusahaan besar yang tentunya memiliki program yang sesuai dengan kegiatan pembinaan UMKM yang kami jalankan. Dan kami belum cukup expert dalam menggalang dana CSR ini, atau mungkin karena fokus kami adalah memberikan solusi praktis pembinaan UMKM di lapangan.

Saat ini kami sedang belajar bagaimana mengakses dana CSR dari berbagai perusahaan yang memiliki program di bidang pembinaan UMKM, yang sevisi dengan program kami. Sementara itu tulisan ini kami maksudkan untuk menjangkau perusahaan-perusahaan yang dimaksudkan agar mereka mulai melihat kegiatan-kegiatan kami.

Beberapa hal yang coba kami ajukan untuk dibiayai oleh dana CSR adalah:
  1. Pelatihan kemasan, branding dan pemasaran kepada UMKM yang akan kami gulirkan ke beberapa daerah, dengan biaya rata-rata yang biasa kami keluarkan adalah Rp 3.500.000,- per kota/kabupaten di luar sewa tempat dan konsumsi peserta, tetapi sudah termasuk nara sumber pelatihan.
  2. Konsultasi pendampingan bisnis UMKM, dengan biaya Rp 1.000.000,- per hari.
Untuk beberapa perusahaan besar, dana tersebut di atas "mungkin" tidak terlalu besar dibandingkan dengan benefit bagi mereka yang ingin melihat UMKM binaannya "langsung" mendapatkan pasar atas produk mereka karena kami akan selalu mempromosikan dan memasarkan produk UMKM binaan yang sudah memenuhi standard kami.

Kami juga meyediakan pelatihan ToT bagi konsultan UMKM dan juga pelatihan full package kepada UMKM melalui lembaga pendidikan kami Edu Kadin, yang biayanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Mungkin wacana ringkas ini bisa sedikit memberikan gambaran kepada perusahaan pemilik CSR untuk mempertimbangkan kerjasama dengan kami di masa mendatang.

Baca juga: