Laman

  • Home

Selasa, 18 April 2017

Setiap Kota dan Kabupaten Harus Punya Ambisi Menghadirkan UMKM Yang Berprestasi


Pemenang UMKM Pangan Award 2106, Wakil Jawa Tengah
Kadang membuat target dari sebuah pembinaan UMKM sangat dibutuhkan untuk memberikan motivasi dan semangat dari para penggiat UMKM. Target prestasi adalah salah satunya, dan hal ini kami coba sarankan kepada pusat-pusat pembinaan UMKM di Jawa Tengah.

Pembinaan UMKM harus ada arah, wujud,(proses) dan pencapaian. Arah yang jelas memberikan gambaran bagi para UMKM bahwa mereka akan menjadi seperti apa jika mengikuti pembinaan tersebut, wujud atau proses pembinaan merupakan bukti bahwa pembinaan yang dilakukan tersebut ada sementara pencapaian adalah bukti bahwa pembinaan UMKM yang dilakukan mendapatkan pengakuan dari banyak pihak.

Pemerintah kota dan kabupaten harus memilki ambisi yang kuat untuk mempromosikan UKMM binaannya dalam berbagai kegiatan atau gelaran penghargaan atau lomba-lomba yang diadakan oleh tingkat yang lebih tinggi, msialnya propinsi maupun nasional.

Salah satu gelaran yang perlu dipertimbangkan oleh pemerintah kota dan kabupaten adalah gelaran UKM Pangan Award yang diadakan oleh Kementrian Perdagangan RI, yang saat ini prosesnya masih memasuki tahap awal seleksi. Ambisi ini harus diimbangi dengan pemahaman yang lebih baik tentang peningkatan SDM, peningkatan kualitas produk dan kemasannya serta pemahaman mengenai pemasaran produk.

Menjadi salah satu juri di gelaran ini, membuat RUmah UMKM memiliki kesempatan untuk memperoleh informasi mengenai peta pembinaan UMKM di Jawa Tengah dan selanjutnya memilki kesempatan untuk melakukan pembinaan-pembinaan di kota dan kabupaten yang membutuhkan pembinaan lebih lanjut.

Rumah UMKM merupakan kepanjangan tangan dari Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah yang merupakan mitra strategis dari pemerintah baik propinsi Jawa Tengah maupun pemerintah daerah kota dan kabupaten dalam mengembangkan potensi UMKM di seluruh Jawa Tengah. Dan hal ini disikapi dengan keterbukaan dari instansi terkait di daerah untuk bekerjasama dengan kami untuk mempromosikan dan memasarkan produknya bersama kami.

Dalam kesempatan ini juga, sebagai juri Pangan Award 2017 kami juga menginformasikan bahwa dalam minggu ini bagi UMKM yang memiliki potensi produk pangan unik, lokal serta telah memilki legalitas PIRT dan Halal serta kemasan yang baik bisa segera kontak kami untuk pendaftaran sebagai peserta UKM Pangan Award 2017. Sampel produk juga dibutuhkan untuk memberikan pertimbangan kepesertaan untuk gelaran ini.

Baca juga: