Laman

  • Home

Minggu, 05 Maret 2017

Pasar Semawis, Brand Wisata Baru Kota Semarang

Pasar Semawis, Brand Wisata Baru Kota Semarang
Jika bisa kuliner saat ini di kota Semarang, tidak akan lengkap jika tidak menyebut Pasar Semawis yang saat ini telah menjelma menjadi brand wisata baru kota Semarang yang menawarkan banyak sekali pilihan kuliner khas dan unik dari Semarang dan daerah lain yang terkumpul dalam satu lokasi. 

Memang membangun brand ini tidak terjadi serta merta, melainkan membutuhkan beberapa waktu dan perubahan yang terjadi di dalamnya menuju ke arah "sesuatu" yang dibutuhkan oleh pasar, yaitu cita rasa kuliner unik dan khas kota Semarang.  Pada awalnya kami melihat bahwa Pasar Semawis adalah rintisan pariwisata yang mencoba menggabungkan beberapa UMKM kuliner yang terjangkau saat itu, sampai akhirnya seleksi alamlah yang melakukan seleksi kulinernya itu sendiri. 

Ragam dan keunikan kuliner di Pasar Semawis mungkin tidak bisa ditemukan di daerah lain, bahkan di kota lain. Tetapi yang menjadi daya tarik adalah kualitas kuliner yang hadir di Pasar Semawis saat ini adalah kuliner yang telah terseleksi oleh pasar selama kurun waktu sejak dibukannya Pasar Semawis ini beberapa tahun yang lalu.


Malam minggu ini Pasar Semawis Semarang benar-benar memberikan keyakinan kepada saya bahwa pesona kuliner masih merupakan daya tarik utama dalam pariwisata. Jika melihat melimpahnya pengunjung saat itu, maka kami bisa katakan bahwa Pasar Semawis saat ini sudah menjadi obyek wisata kota Semarang yang patut diperhitungkan.

Selama pengelola Pasar Semawis mampu mempertahankan konsep keragaman kuliner khas dan unik serta kualitas kulinernya (cita rasa) bukan mustahil ke depannya Pasar Semawis akan semakin germerlap oleh "rasa lapar dan dahaga" terharap kuliner khas kota Semarang.

Malam ini kami mencoba pembukaan kuliner dengan sate cumi, gudeg wijilan, churros, jamu joen langganan kami, wedang tahu, liang tea dan kue-kue tradisional. Sementara yang lain sudah kami coba pada minggu sebelumnya. Wow, semuanya memang punya kelasnya sendiri-sendiri.

Saat ini yang membuat saya bangga adalah bahwa setiap penjual sudah bersaing dengan booth yang menarik, makanan yang unik dan khas dan juga pastinya cita rasa yang handal. Saya bangga Semarang memiliki Pasar Semawis di waktu malam dan Pasar Gang Baru di waktu paginya.

Pada akhirnya nanti kami yakin, hanya yang terbaiklah yang mampu bertahan di Pasar Semawis sebagaimana yang terjadi di Pasar Gang Baru. The power of choice dari pelanggan merupakan hal yang harus disikapi dengan kemampuan dan daya saing dari penjual. Kualitas produk dan layanan belum lah cukup di sini, kreativitas dan keunikan sudah berteriak lantang di sini.

Inilah icon wisata kota Semarang, sebuah brand yang mulai menguat dan akan menjadi top of mind bagi warga kota Semarang maupun pengunjung dari luar kota. Sensasi makan di tengah jalan yang luar biasa dengan pilihan yang tiada habisnya.