Laman

  • Home

Minggu, 26 Maret 2017

Jepara Dan Potensinya Sebagai Pariwisata

Jepara Dan Potensinya Sebagai Pariwisata

Masih teringat jelas ketika saya sering mondar-mandir Semarang - Jepara untuk handle beberapa shipment ekspor dari Jepara pada tahun 1997 - 1998 lal, betapa kota Jepara selalu dipadati oleh lalu lalang kontainer. Bahkan lalu lalang kontainer itu sudah terlihat sejak dari keluar Semarang menuju ke arah Jepara.

Sungguh sebuah kenangan yang manis yang pastinya sangat dirindukan oleh teman-teman pengusaha mebel dan kerajinan dari Jepara saat ini, yang ketika pada hari Minggu kemarin saya datang bahkan tak satu pun saya ketemu truk kontainer di jalanan. Sebuah pemandangan dan kondisi yang kontradiktif. 

Saya melihat betapa upaya pemerintah daerah dan para pelaku usaha mebel dan kerajinan di Jepara gencar melakukan promosi lagi, tetapi sayang upaya ini belum menampakkan hasil. Mungkin ada beberapa hal yang perlu dibedah di sini, ada potensi lain yang perlu digarap untuk mengangkat bisnis mebel bangkit lagi, yaitu mulai disentuh dengan wisata kota Jepara.

Jepara sebenarnya memiliki potensi pantai wisata yang bisa dikembangkan dengan konsep-konsep khusus yang unik sebagai daya tarik wisata, misalnya wisata Pantai Kartini yang merupakan pelabuhan rakyat dan penghubung Jawa Tengah dan kepulauan Karimunjawa yang memang dipersiapkan untuk pariwisata. Dibandingkan dengan pantai-pantai nelayan yang lain, pantai ini relatif bersih dan bisa dikembangkan lebih jauh lagi dengan wisata kampung nelayan.

Masih ada teluk awur yang didominasi oleh penimbunan kayu jati, dan dekat dengan kampus Universitas Diponegoro yang luas dan asri. Daerah ini sudah mulai menawarkan penginapan-penginapan yang cukup bagus untuk dicoba untuk liburan, salah satunya adalah Jepara Marina Bungalow yang kami coba ini.
 
Resto Jepara Marina Bungalow
Garden view Jepara Marina Bungalow
Sea view Jepara Marina Bungalow

Bungalow Jepara Marina
Bungalow Jepara Marina

Resto Jepara Marina Bungalow
Dan ketika anda di Jepara dan ingin menikmati wisata pantai, maka jangan lupakan Pantai Bandengan yang mmang sudah siap dengan wisata dan fasilitas hotel dan resort yang cukup mewah. Di sinilah anda akan bisa melihat Jepara dari sisi yang lain.



Related image
Sea Side View Pantai Bendengan, Jepara


Sea side view Pantai Bandengan, Jepara

Sea side view Pantai Bandengan Jepara
Dari yang dulu Jepara kita kenal dengan kota ukir dan kota kayu jati maka, mulai sekarang mulailah beralih sebagai Jepara kota wisata laut. Dengan laut yang relatif tenang, karena menghadap Laut Jawa, para penggemar olah raga speed boat bisa bersantai dan menikmati nuansa lautan Jepara dengan hidangan khas Jepara sea food dan pindang serani yang merupakan masakan khas kota Jepara.

Wisata anda bisa berlanjut ke "treasure hunting" yaitu mencari mebel dan kerajinan penghias rumah anda yang mungkin tidak dimiliki oleh teman-teman anda. Andalah pemilik harta karun itu ! 

Jika anda tidak menemukannya, maka "custom made order" bisa anda lakukan kepada para pengrajin mebel dan kerajinan yang ada di Jepara. Mereka telah hidup turun temurun menggarap kayu jati dan mahoni, jadi sesulit apapun desain anda masih akan ada solusinya di sini. Bagi penggemar tenun troso, batik jepara dan kerajinan monel, anda pun berhak untuk mendapatkan kesenangan berburu harta karun anda di Jepara.

Saat ini bukan saatnya Jepara bicara mebel dan kerajinan, tetapi saatnya Jepara bicara wisata saatnya Jepara berbenah jadi cantik. Bukankah cuma 2 jam perjalanan dari Semarang ke Jepara ? Anda tidak akan menghamburkan waktu anda di jalan.

Baca juga: