Laman

  • Home

Senin, 06 Maret 2017

6 Tips Untuk Membangun Booth Pemeran Yang Luar Biasa

Related image
Booth pemeran yang menarik dari bahan kayu, bisa dari limbah pallet mesin.
Bukannya sedang kalap mengapa kami terus menerus mengingatkan kepada teman-teman UMKM untuk membuat booth yang menarik saat mereka mengikuti pameran, semua itu adalah karena banyaknya masukan dari rekan-rekan pengusaha besar yang meminta kami untuk membenahi tampilan pameran UMKM yang menurut mereka membosankan.

Tidak ada edukasi khusus yang diberikan kepada para pelaku UMKM dalam mendesain dan mengelola booth untuk pameran. Tidak ada trainingnya selama ini ! Oleh karena ini rekan-rekan pengusaha besar meminta kami untuk banyak menulis bagaimana membuat atau membangun booth pameran yang menarik.

Terlepas dari kebutuhan biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah booth yang menarik, jika Anda tidak menarik maka orang tidak akan tertarik. Dan setiap yang menarik tidak harus menghabiskan dana yang besar, semua tergantun kreativitas dan daya eksplorasi potensi dari para pelaku UMKM. 

Membuat booth pameran yang luar biasa adalah sederhana, asalkan anda bersedia untuk menginvestasikan waktu, uang dan kreativitas di hal tersebut. Anda sudah siap ?

Gunakan 6 ide-ide berikut untuk memberikan dorongan yang anda butuhkan untuk membuat pameran produk anda ke depan menjadi luar biasa.

 1) Membuat Booth Unik Anda
Image result for wooden trade show booth
Booth menarik dari bahan bekas
Pameran adalah investasi besar baik uang dan waktu. Jika Anda akan melakukan investasi dalam pameran, item pertama alokasi dana adalah pada "sebuah bilik" yang tampilannya akan menonjol dalam pameran tersebut. Investasi pada booth (bilik) cukup mahal, sehingga anda perlu memikirkan penggunaan booth tersebut berulang-ulang di masa mendatang. Membuat exhibition kit adalah keputusan yan  terbaik. Kemampuan anda untuk menekan besarnya investasi adalah pada pemilihan bahan dan kreativitas desain bilik anda.

Banyak brand yang mampu mengeksplorasi bahan baku yang sederhana dan murah (tapi bukan murahan) menjadi hasil karya yang luar biasa, misalnya pemanfaatan kayu bekas seperti gambar di atas. Desainer bisa mengembangkan bahan baku tersebut menjadi sebuah pojok yang menonjol, dan unik.
Fleksibilitas dari exhibition kit sangat dibutuhkan, baik ketika menempati space ukuran 2.5 x 2.5 m2, 2.5 x 5 m2, 5 x 5 m2 dan seterusnya. 

Selain itu penataan produk dalam booth juga harus disesuaikan dengan fokus unggulan dari produk-produk tersebut. item-item andalan harus mudah dilihat dan dijangkau oleh pengunjung.
 
2) Mendominasi Perhatian Pengunjung

Investasi di poin kedua ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu bagaimana mencuri perhatian pengunjung secara pasif dengan memberikan iming-iming hadiah (prize), discount (obral) atau dengan event interaktif yang mampu menyedot pengunjung.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pengunjung datang ke pameran untuk mencari sesuatu yang baru, unik dan harga promosi. Oleh sebab itu pelaku UMKM harus menjawab ini dengan menampilkan produk-produk promosi yang "dijual rugi" kepada pengunjung. Salah satu hal yang pernah kami lakukan dalam pameran Kadin Jawa Tengah adalah "Beli T-Shirt Bayar Seikhlasnya" yang secara ajaib bisa menyedot pengunjunga dalam suatu kurun waktu.

Selain itu, pelaku UMKM juga harus berani membuat event-event "unik" yang mampu menjadi magnet luar biasa bagi pengunjung sesuai dengan kondisi terkini kebutuhan mereka. Misalnya saat ini orang sedang suka foto selfie, maka kita akan penuhi dengan foto selfie dengan obyek yang lebih kreatif seperti gambaran berikut:




Dengan melibatkan pengunjung untuk melakukan selfie dengan pose sebagaimana terlihat di atas, kami yakin pengunjung akan mengunjungi booth anda. Dan hal ini pun sudah kami persiapkan dengan team kami ketika ada permintaan seperti di atas kami siap dengan team produksinya. 

3) Gimmick dan Quiz (Dengan Hadiah!)

Selain poin kedua, sebuah booth memerlukan banyak interaksi dengan pengunjung, oleh sebab itu buatlah gimmick dan quiz yang terkait dengan bisnis atau produk yang dipamerkan kepada pengunjung. 

Atau jika perlu photo booth di poin kedua bisa dilombakan untuk foto terbaik melalui face book atau media social lain seperti instagram. Foto siapa yang paling banyak memiliki "like" akan menjadi juara yang akan diumumkan saat penutupan pameran.

Membuat interaksi sangat dibutuhkan dalam kaitannya membangun hubungan emosional dengan calon pelanggan. Dan hal ini belum banyak dilakukan dilakukan oleh pelaku UMKM, bahkan oleh perusahaan besar. Mungkin hanya beberapa brand besar yang berani melakukannya seperti produk elektronik dan konsumer good. 

4) Demo Produk Anda
 Related image 
Jika produk anda memang belum banyak dikenal oleh pasar, maka demontrasi produk sangat dibutuhkan di dalam booth. Selain sebagai wujud aktivitas sebuah booth, demonstrasi ini juga akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang "ingin" teredukasi oleh produk anda.

Bahkan edukasi melalui demontrasi produk ini bisa dikombinasikan dengan poin 2, dimana pengunjung bisa difoto saat memperagakan demontrasi di booth tersebut.

5) Gunakan TeknologiBanyak teknologi modern yang dapat diterapkan pada pameran dagang untuk memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung.

Baru-baru ini, digital signage dan layar sentuh interaktif semakin banyak dimasukkan ke dalam booth pameran sebagai cara untuk menarik perhatian dan nilai display. Elemen-elemen ini dapat digunakan untuk menunjukkan proses, mendidik konsumen, menampilkan testimonial dan banyak fungsi lainnya yang dapat membedakan booth pameran tersebut dengan booth lain di pameran tersebut.

Bahkan applikasi pembelian online melalui layar sentuh di booth sudah mulai digunakan orang.

6) Tetap Aktif di Social Media

Meskipun pameran merupakan acara mengumpulkan orang dan mempromosikan produk, hal ini tidak berarti bahwa media sosial tidak dapat memainkan peranan dalam keseluruhan efektivitas pameran anda. Partisipasi media sosial yang aktif selama acara dapat membantu anda terhubung dan beresonansi dengan dua khalayak yang berbeda, peserta yang bisa berkunjung dan peserta yang tidak bisa menghadiri pameran.

Dalam pameran mereka dapat menemukan bahwa anda berada di sana, dan jika anda melakukannya dengan benar, maka anda akan dapat menunjukkan bahwa anda bisa senilai check-in dan check-out di pameran. Pastikan anda secara aktif menggunakan trade show hashtag terkait sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan posting Anda.Selain itu, anda akan membawa orang-orang ke dalam suasana pameran anda. Seolah anda mampu menggabungkan suasana offline dan suasana online di satu waktu. 

Jadilah Remarkable (Luar Biasa)Pengalaman mengikuti pameran dapat menjadi pengalaman pemasaran yang berharga bagi anda dan usaha anda, dan jika anda mampu membuat pameran yang menarik pengunjung yang lebih banyak maka ROI anda semakin cepat. Bukankah promosi melalui pameran ini adalah investasi yang telah anda lakukan, dan anda butuh pengembaliannya ?

Pameran yang dilakukan dengan benar akan mendekatkan anda pada tujuan awal mengikuti pameran. Tujuan pameran adalah secara jangka panjang untuk membangun citra dan brand anda dan untuk jangka pendek adalah untuk mendongkrak penjualan anda.

Dengan tampil luar biasa dalam pameran maka anda telah mengambil perhatian pengunjung akan keberadaan produk anda, bahwa pembelian selanjutnya akan ditentukan oleh kualitas dan layanan produk anda. Bagaimana konsumen memiliki pengalaman "yang baik" atas produk anda akan menguatkan brand produk anda.