Laman

  • Home

Selasa, 31 Januari 2017

Untuk Bisa Berkembang, Bisnis UMKM Harus Bisa Menawarkan Manfaat Yang Optimal Bagi Mitra


Image result for benefit to partner
Benefit Untuk Partner

Untuk bisa lebih berkembang, UMKM harus membangun jaringan kemitraan yang sesuai dengan kebutuhan, baik mitra pemasaran maupun mitra pembiayaan. Hal ini mengingat bahwa bisnis skala UMKM pasti memiliki banyak keterbatasan, dan membutuhkan pemenuhan-pemenuhan kelengkapan-kelengkapan yang segera. Kelengkapan-kelengkapan inilah yang bisa dipenuhi dengan bermitra.

Sementara itu masih banyak pelaku UMKM yang masih perlu dipahamkan dengan namanya kemitraan, baik kebutuhan maupun hak dan kewajibannya. Banyak usaha skala mikro kecil yang masih ingin menjadi "superman" dalam bisnisnya, ingin semua hal bisa dilakukannya sendiri yang pada akhirnya justru usahanya menjadi stagnan karena pihak lain menganggap bahwa pelaku UMKM ini tidak bisa diajak bekerjasama.

Banyak usaha mikro kecil yang masih berharap bahwa fungsi produksi dan pemasaran bisa dilakukannya sendiri, sementara untuk usaha skala biasanya pelaku usaha masih menangani usaha itu sendiri. Hal ini menyebabkan fokus mereka yang semula pada produksi menjadi kedodoran karena mereka disibukkan dengan kegiatan pemasaran yang bukan menjadi keahlian mereka.

Jika pelaku UMKM ini cerdik dan jeli, maka di luar sana  masih banyak pihak yang memiliki kemampuan pemasaran yang memadai untuk memasarkan produknya. Sekarang tinggal pelaku UMKM cerdik dalam memilih mitra kerja pemasaran, agar mereka bisa tetap fokus dalam produksi. Beberapa hari lalu saya sempat menulis mengenai 8 strategi menemukan mitra yang tepat, dan hal ini mungkin membantu. 

Seringkali dalam setiap konsultasi yang kami lakukan kepada UMKM, kami menanyakan apakah dalam melakukan pricing (perhitungan harga) apakah mereka telah menyisakan margin untuk reseller, distributor atau mediator ? Seberapa besar yang mereka sisakan ? Apakah margin ini cukup menarik bagi orang lain dengan kapasitas produksi yang dimiliki saat ini ? 

Pertanyaan kami selanjutnya adalah apakah teman-teman pelaku UMKM menjual kepada end user dengan harga publish atau harga yang sama yang ditawarkan kepada reseller dan distributor ? Jika "YA", maka sebenarnya mereka tidak membuka celah kepada orang lain untuk masuk ke dalam bisnisnya atau dengan kata lain mereka tidak memberikan manfaat kepada calon mitra kerja mereka.

Pemahaman dalam strategi pricing menjadi semakin penting dalam persaingan saat ini, di satu sisi mereka harus melihat persaingan pasar dan di sisi lain mereka harus tetap memberikan celah agar mitra kerja bisa masuk.

Manfaat lain yang diharapkan oleh mitra pemasaran dari pihak produsen adalah kegiatan edukasi dan mengenalkan produknya (brand-nya) kepada pasar, agar upaya pemasaran dan penjualan dari pihak mitra menjadi semakin mudah. Kemudahan bagi mitra akan memberikan peluang memberikan kontribusi penjualan yang lebih besar. Di samping tentunya fasilitas jaminan kualitas, kapasitas dan kontinuitas produksi yang memberikan rasa nyaman kepada para mitra pemasaran.

Selain mitra pemasaran, UMKM juga harus memberikan peluang kepada mitra pembiayaan yang dalam hal ini kami lebih cenderung kepada investor. Bagaimana pelaku UMKM bisa memberikan peluang keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang bagus kepada investor adalah kunci utama untuk mendapatkan investasi.

Mengingat pentingnya hal-hal tersebut di atas, sudah saatnya dalam pembinaan UMKM sebelum memberikan pelatihan pemasaran, pelatihan penentuan HPP dan HJP menjadi sangat mutlak karena sering kami lihat justru hal tersebut sempat terabaikan.