Laman

  • Home

Senin, 30 Januari 2017

Pentingnya Mempersiapkan Biaya Promosi Sejak Awal


Image result for promotion
Pentingnya Mempersiapkan Biaya Promosi Sejak Awal
Apa yang menjadi keterbatasan pelaku UMKM dalam pemasaran adalah promosi. Banyak produk UMKM yang potensial tidak diketahui oleh masyarakat dan pasarnya, karena mereka tidak melakukan promosi. Anggapan bahwa promosi adalah beban yang berat dalam penentuan harga masih menjadi permasalahan di kalangan UMKM.
Berbagai upaya untuk memahamkan bahwa mereka harus sudah merencanakan promosi sejak awal kami lakukan, mulai dari  memahamkan mereka tentang beberapa hal yang akan mempengaruhi profit dan penjualan mereka, yaitu:
  • Pricing; Secara umum tujuan dari pricing adalah untuk mengamankan semua biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dalam suatu transaksi jual beli. Pricing adalah sebuah opportunity (peluang) bagi perusahaan dalam menetapkan profit margin yang diharapkan. Harga sangat terpengaruh oleh kondisi persaingan pasar dan kemampuan manajemen perusahaan, disamping beban skala perusahaan. Skala UMKM memiliki peluang yang lebih besar daripada perusahaan besar manakala perolehan bahan baku dan teknologi produksi sudah tidak bisa membantu lagi dalam menekan biaya produksi.
  • Promotion; Adalah peluang perusahaan dalam memperoleh awareness produknya dari pasar, membangun kepercayaan pasar, dan selanjutnya berkomunikasi untuk pengembangan lebih lanjut.
  • Distribution; Keberhasilan penjualan ditentukan dengan seberapa berhasilnya perusahaan tersebut membangun jaringan distribusi yang handal dan luas. Jaringan distribusi ini yang memberikan jaminan bahwa produk yang dihasilkan oleh perusahaan bisa mencapai pasar dengan baik dan cepat.
  • Service Improvement; Setiap perusahaan dalam memenangkan persaingan dan memberikan kepuasan pelanggan pastilah akan berlomba untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dalam upaya untuk melakukan retensi customer, meningkatkan rekomendasi melalui word of mouth dan juga daya tarik bagi calon customer.
  • Product Development; Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan terjadi begitu cepat, baik perubahan keinginan maupun kebutuhan pasar, sehingga produk perusahaan harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Jika produk dan layanan tidak up to date lagi maka pasar dengan pasti akan pelan-pelan meninggalkannya.
  • Cost Reduction; Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan adalah upaya efiseinsi melalui cost reduction, bukan untuk mengurangi kualitas produk sebagaimana yang sering dilakukan oleh para pelaku UMKM tapi melalui perbaikan yang terus-menerus dalam manajemen, proses dan teknologi produksi, perolehan bahan baku dan perbaikan sistem pemasaran.
Pasti tidak mudah memahamkan hal-hal tersebut di atas, tetapi setidaknya kita harus membekali pelaku UMKM binaan kita dengan hal-hal tersebut. Mereka bisa mempelajarinya sambil menjalankan usaha.
Pada kesempatan ini kami akan hanya menyoroti masalah promosi saja, yaitu pentingnya mempersiapkan biaya promosi sejak awal.
 
Pengertian Biaya promosi
 

Beberapa pengertian promosi dari para pakar pemasaran adalah sebagai berikut:
  • Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu produk. Promosi adalah suatu bidang kegiatan marketing dan merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan (information), membujuk (persuasion), dan mempengaruhi (influence) segala kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan penjualan, betapapun bekualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk/barang itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya (Kotler, 2000:219).  
  • Menurut Buchari ( 2000;169 ) biaya adalah setiap pengorbanan untuk membuat suatu barang, yang bersifat ekonomis rasional”.
  • Menurut Hair dan Daniel (2001:145) “promosi adalah komuikasi dan para pemasar yang menginformasikan, membujuk dan mengingatkan para calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat merekaat atau memperoleh suatu respon.”
  • Menurut Mc Carthy (2001:349) “Promosi adalah penyampaian informasi dari penjual kepada pembeli untuk mempengaruhi sikap-sikap dan tingkah laku”.
  • Menurut Swasta (2002:122) bahwa: “promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran”.
 
Dari definisi tesebut di atas dapat disimpulkan definisi biaya promosi adalah setiap pengorbanan perusahaan dalam rangka mengkonsumsikan informasi dari penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi pembeli dan tetap mengingat produk perusahaan. Dengan kata lain biaya promosi dapat diartikan sebagai biaya pengorbanan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan promosinya. 


Menurut Stanton (2002:347) “Bauran promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat promosi lain kesemuanya telah direncanakan untuk mencapai program penjualan”. Dari informasi ini maka ada beberapa promosi yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Iklan, merupakan penyajian informasi non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu. Pada iklan biasanya ditampakkan organisasi yang mensponsorinya. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumsi-efaluasi, perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra yang berkaitan dengan produk dan merek. Dalamprakteknya, iklan telah dianggap sebagai manajemen citra (image management) menciptakan dan memelihara citra dan makna dalam benak konsumen walaupun pertama-tama iklan akan mempengarui afeksi dan kogmisi, tujuannya yang paling akhir adalah bagaimana mempengaruhi prilaku pembelian konsumen. Iklan bisa dipublikasikan melalui media online, TV, Radio, Surat Kabar dsb.
  2. Direct selling, merupakan promosi yang langsung terkait dengan penjualan langsung.
  3. Promotion tool, merupakan alat-alat promosi yang perlu dipersiapkan dalam mendukung kegiatan promosi perusahaan, misalnya: gift, kalender, payung, kaos, brosur, leaflet.
  4.  Informasi dan Publikasi, hal penting dalam promosi adalah informasi resmi yang akurat dan update. Di masa sekarang informasi melalui website adalah yang paling efektif, dengan informasi yang senantiasa dilengkapi dan diupdate setiap saat.
  5. Pameran (Ekshibisi), adalah upaya membangun interaksi dan feed back secara langsung dari pasar terhadap produk yang kita tawarkan. dsb.
 
Bagaimana Mempersiapkan Biaya Promosi Sejak Awal
 
Promosi pasti akan berkosekwensi terhadap biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Permasalahannya adalah biaya ini diperoleh darimana ? Tentunya dari pricing yang kita lakukan, dimana sejak awal kita telah menganggarkan slot promosi dalam biaya pemasaran kita. 
 
Hal inilah yang sering diabaikan oleh para pelaku UMKM, lupa untuk menganggarkan biaya promosi dalam penentuan harga jual produk. Pastinya kita tidak bisa menempatkan biaya promosi yang "terlalu" besar yang akan mengakibatkan harga jual kita tidak bisa bersaing, tetapi membuat biaya promosi yang "optimal" melalui penentuan media dan tool promosi yan tepat dengan segementasi dan target pasar kita.
 
Promosi online merupakan pilihan yang wajib saat ini, karena jangkauannya yang luas dan murah tentunya. Tetapi promosi online pun tidak akan efektif jika biaya SEO (Search Engine Optimization) tidak kita sertakan, atau biaya digital marketing yang harus dikeluarkan. 
 
Jika memang produk tersebut harus dipromosikan melalui event pameran, maka para pelaku UMKM pun harus mempersiapkan dan merencanakan berapa pameran dalam satu tahun yang akan diikuti, dan pameran apa yang tepat dengan produknya karena sesuai dengan segmen dan target pasarnya. Biaya pameran harus sudah dipersiapkan secara tahunan agar tidak membebani harga jual produk.