Laman

  • Home

Kamis, 17 November 2016

Panduan Sederhana Menuju Konsep Bisnis

Panduan Sederhana Menuju Konsep Bisnis
Positioning adalah salah satu konsep pemasaran yang paling sulit untuk tidak hanya dipahami, melainkan juga untuk dilakukan yang benar. Hal ini sangat konseptual, sangat teoritis, dan sebagian besar emosional. Tidak semua orang mahir dengan kombinasi itu.

Hal ini juga sangat membingungkan, terutama ketika positioning tidak dibuat dengan baik dan ketika harus dikoordinasikan dengan bagian lain dalam definisi bisnis Anda, pengengelolaan dan pemasarannya. Kami sadar bahwa mungkin kami harus mengambil langkah mundur lagi, dan menunjukkan bagaimana positioning berbeda dari bagian lain dalam rencana bisnis Anda dan elemen lainnya.


Banyak orang terus melakukan positioning yang masih bercampur dengan konsep bisnis lainnya, jadi tujuan tulisan ini adalah panduan pengusaha dalam membangun konsep bisnis, dengan definisi sederhana dari elemen umum dari rencana bisnis - frase cepat untuk membantu memperjelas dan memperkuat istilah yang banyak membingungkan.Kami akan mulai dengan : POSITIONING.

POSITIONING



Adalah ruang dimana Anda ingin menduduki dalam pikiran pelanggan Anda ketika mereka berpikir tentang merek Anda. Sementara itu posisi Anda harus tetap konsisten dari waktu ke waktu, dan juga harus mampu berevolusi dengan bisnis dan pasar Anda

VISI

Adalah tujuan inti Anda,
sebuah cita-cita luhur dari organisasi Anda - Mengapa Anda memulai bisnis. Hal Ini harus jarang berubah.

MISI



Hal Ini bukan "mengapa"  tetapi lebih dari "apa" yang akan Anda lakukan untuk mencapai visi tersebut.

NILAI



Prinsip-prinsip yang Anda jalankan dalam bisnis Anda. Jika Anda memiliki nilai-nilai bisnis, maka Anda juga perlu mengkomunikasikan kepada pelanggan Anda.

PESAN (VOICE)


Bagaimana bisnis Anda terwakili dan bagaimana Anda berbicara kepada pelanggan Anda, adalah salah satu hal untuk memiliki VOICE, dan hal itu sangat penting untuk secara konsisten menerapkannya dalam semua yang Anda lakukan.

TUJUAN



Apa yang Anda ingin capai dalam tahun tertentu. Anda mungkin memiliki beberapa tujuan yang sering berubah dari waktu ke waktu.

STRATEGI



Bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan Anda. Anda mungkin memiliki beberapa strategi untuk beberapa tujuan.

TAKTIK



Adalah program khusus Anda yang masuk ke dalam strategi Anda dalam mencapai tujuan Anda. Taktik harus terus berubah untuk menjawab semua tantangan dan potensi yang ada dalam bisnis Anda.

Hal-hal atau istilah di atas sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman Anda dalam membangun sebuah konsep bisnis Anda. Salah pemahaman dalam istilah bisa mengakibatkan salah strategi dalam bisnis. 

Semoga tulisan singkat ini bisa membantu teman-teman UMKM dan pemula bisnis dalam membangun dan memperbaiki konsepnya.

Satu hal yang sangat penting adalah mengenai istilah MASALAH yang seringkali para pelaku usaha keliru dalam memahaminya. Secara umum definisi masalah adalah kesenjangan antara tujuan dengan kondisi yang telah dilakukan saat ini. Kesenjangan inilah yang disebut masalah, sebuah hal yang harus dicari solusinya dalam membangun konsep bisnis.

Salam sukses !