Laman

  • Home

Rabu, 09 November 2016

Bintek Kelembagaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang

Bintek Peningkatan Kelembagaan UMKM Nelayan, Pembudidaya, Pengolah dan Pedagang Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang
Hari Rabu, 9 November 2016 di Gedung PKK Kota Semarang kami diberikan kesempatan untuk berdialog dan berdiskusi dengan UMKM Nelayan, Pembudidaya, Pengolah dan Pedagang Ikan setelah sebelumnya kami memberikan materi "4 Cara Membuat Produk Mampu Menjual Dirinya Sendiri". 

Dalam acara yang dihadiri sekitar 30 peserta yang menghadirkan nara sumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Bank Jateng dan Kadin Jawa Tengah ini, kami memang diminta untuk memberikan motivasi bagaimana para peserta sadar dan memahami bahwa dalam pemasaran produk yang berkualitas dan terkemas dengan baik adalah penting. Dalam acara ini Dinas Koperasi dan Bank Jateng memberikan materi pembiayaan untuk UMKM.

Memberikan materi singkat "4 Cara Membuat Produk Mampu Menjual Dirinya Sendiri."
Moderator memandu presentasi "4 Cara Membuat Produk Mampu Menjual Dirinya Sendiri."
Materi Pembiayaan UMKM disampaikan oleh Bapak Hermawan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, yang selanjutnya didetailkan oleh Tim dari Bank Jateng
Melihat persaingan yang semakin ketat maka sudah menjadi sebuah keharusan bagi UMKM untuk selalu berbenah dalam kualitas produk, terutama masalah kemasan. Kualitas produk merupakan tuntutan dari konsumen yang harus selalu ditaati oleh produsen guna menjaga ikatan bisnis yang telah terjalin. 

Memberikan motivasi mengenai hal ini, kita harus mampu menampilkan contoh-contoh praktis kepada para peserta, karena mereka selama ini masih menganut aliran konvensional dan tradisional, baik sebagian besar dari peserta masih sangat awam terhadap internet dan perkembangan teknologi. Tetapi kami yakin, bahwa kesempatan awal ini akan menjadi pemicu kepada para UMKM kelautan dan perikanan untuk menjadi "haus informasi" mengenai bagaimana meningkatkan kualitas produk dan bagaimana mengemas produk yang sesuai dengan tuntutan dari target pasar.

Pada kesempatan ini pula kami berharap agar dari beberapa UMKM pengolah ikan mampu memproduksi tepung ikan dari daging ikan yang bisa kami kembangkan untuk bahan baku bakery atau cake yang saat ini masih sulit kami temukan produknya di pasar. Jika tepung ikan untuk pakan ternak, sudah banyak UMKM yang mengolahnya dari limbah ikan dan tulang ikan.