Laman

  • Home

Senin, 31 Oktober 2016

Sementara Ini, Cukup Dengan Banyak Bertemu Orang di Luar Lingkungan Anda, Anda Sudah Melakukan Promosi dengan Baik.

Image result for meet peoples
Bertemu Banyak Orang, Cerita Apa yang Anda Lakukan, Anda Sudah Melakukan Promosi dan Pemasaran yang Baik.


Tidak semua pelaku UMKM mampu melakukan promosi dan pemasaran dengan baik, terutama bagi UMKM yang sedang memulai usahanya. 

Tidaklah mudah memperkenalkan produk yang masih baru dan sama sekali belum dikenal orang. Konsumen belum pernah memiliki "pengalaman" dengan produk tersebut, mereka perlu memiliki "pengalaman" tersebut. Pengalaman yang baik adalah kesesuaian harapan (ekspektasi) pelanggan dengan kondisi saat itu.

Oleh sebab itu informasi yang "berlebihan" dan "tidak sesuai" dengan kenyataan yang ada seringkali justru menimbulkan "pengalaman buruk" bagi pelanggan. Dan hal ini perlu dipahami oleh para pemula usaha.

Bahwa pemasaran bukan mengenai bagaimana produk yang dihasilkan bisa secepat mungkin terjual, melainkan adalah produk tersebut sesuai dengan harapan pelanggan, atau melebihinya. Selalu kami ingatkan kepada pelaku UMKM, bahwa pemasaran adalah mengatakan "apa yang anda lakukan" kepada pelanggan dan mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Bagi pemula usaha, bertemu dengan banyak orang di luar lingkungannya dan mengatakan kepada mereka apa yang anda lakukan sebenarnya (tentang produk dan produksinya) merupakan salah satu promosi terbaik yang bisa anda lakukan saat ini.

Rekomendasi Pelanggan
Ketika pelanggan memiliki "pengalaman yang baik" tentang produk dan usaha anda, maka mereka akan dengan sukarela memberikan rekomendasi kepada orang-orang disekitarnya. Disinilah hasil promosi bisa mulai dirasakan dengan cara "gethok tular" (word of mouth) tersebut.

Itulah mengapa sebabnya promosi word of mouth memliki level yang lebih baik dibandingkan dengan iklan atau publikasi lain, karena word of mouth mengandung 2 komponen penting sekaligus, yaitu informasi dan rekomendasi. 

Image result for recommendation from customer
Rekomendasi Pelanggan

Rekomendasi inilah yang harus terus diupayakan oleh pemula usaha agar usaha pemasarannya berkembang. Mereka harus ingat bahwa "pengalaman buruk" yang diperoleh pelanggan atas produk dan layanan yang diberikan bisa berakibat hal yang merugikan bagi pengusaha.

Tetapi harus diingat pula, bahwa tidak semua hal akan berjalan sempurna, komplain atas produk dan layanan pasti akan selalu ada. Lantas bagaimana mengatasinya ?

Dengan terbuka atas apa yang kita lakukan terhadap produk dan layanan kita, sedikit banyak kita telah "memudahkan jalan" kepada pelaku usaha untuk mengatasi komplain yang timbul. Menangani komplain dengan baik adalah hal yang harus dipelajari oleh pemula usaha.

Tujuan dari penanganan komplain yang baik adalah agar pelanggan terinformasi dengan baik dengan apa yang terjadi sesungguhnya, dan bagaimana solusi yang bisa segera dilakukan untuk mengatasinya.

Bahkan jika pelaku usaha mampu melakuakn complaint handling dengan baik, maka hal tersebut akan menjadi "peniliaian tersendiri"  dari pelanggannya. Dan hal tersebut bisa menjadi rekomendasi yang baik atas kinerja usaha dari pelaku usaha tersebut.

Perbanyak Kontak Bisnis dan Temu Bisnis

Apakah kontak dan temu bisnis yang dilakukan melalui cara onine maupun online, yang terpenting semakin banyak kontak bisnis akan semakin baik dalam pengembagan bisnis pelaku usaha. Bukan masalah banyaknya kontak, melainkan banyaknya kontak yang paham terhadap produk dan layanan anda, banyaknya kontak yang "berani" mencoba produk dan layanan anda.

Bahwa dalam tahap awal mungkin sales (penjualan) tidak akan sesuai dengan harapan, tetapi perlu diingat bahwa kontak bisnis yang anda miliki adalah "sebuah investasi" dalam bisnis anda yang hanya menunggu waktu untuk "menghasilkan" return.

Terus berupaya menemukan kontak bisnis yang sesuai dengan segmen dan target pasar adalah sebuah kewajiban pemasaran bagi pelaku usaha. Inlah yang disebut memambangun data base pemasaran, yang selanjutnya akan diolah menjadi prospek pasar yang nantinya akan menjadi pelanggan kita.

Demikian hal yang bisa kami bagikan kepada pemula usaha dalam menjalankan pemasaran dan promosinya. Semoga bermanfaat !