Laman

  • Home

Jumat, 07 Oktober 2016

Buka STAND Konsultasi Bisnis UMKM dalam Pameran Mahkota Grand Wedding PRPP

Selalu semangat di setiap suasana ...
Jika selama ini kami banyak berdialog dengan teman-teman UMKM produsen, maka pada tanggal 7,8 dan 8 Oktober 2016 ini bertempat di PRPP Jawa Tengah, kami mencoba mendekatkan diri dengan UMKM pedagang dengan membuka klinik konsultasi bisnis di sela-sela perhelatan pameran wedding besar dan food festival.

Mendapatkan fasilitas 3 stand dari pihak penyelenggara, kami manfaatkan stand tersebut untuk membuka klinik bisnis dan memajang produk-produk UMKM binaan Kadin Jateng. yaitu sepatu batik dan minyak rambut.

Sebenarnya kami sadar betul bahwa target audience dan konsep pameran ini tidak begitu cocok ketika kami harus membuka klinik konsultasi bisnis, tapi setidaknya kami bisa memberikan konsultasi bisnis kepada binaan-binaan kami yang membuat stand dalam pameran tersebut yang selama ini selalu "meleset' jadwal ketika hendak konsultasi di Kadin Jateng.

Rumah UMKM membuka klinik konsultasi bisnis UMKM

Salah satu stand binaan Kadin Jateng

Produk sepatu batik yang mulai digemari

Pengunjung pameran

Menunggu klien konsultasi

UMKM binaan memperkenal produk baru, minyak rambut.
Para UMKM pedagang memang "tidak" begitu melihat bahwa promosi dan pemasaran menjadi hal yang krusial untuk mereka, berbeda dengan UMKM produsen yang dituntut untuk segera menggulirkan cash flow ketika produk telah diproduksi. Meskipun jika kami cermati banyak konsep dagang mereka yang tidak jelas mengusung produk dan target pasar yang dibidik.

Misalnya, mengusung nama fashion untuk anak-anak tetapi di outletnya ada juga baju untuk orang dewasa dan banyak hal lain. Sebenarnya kami terusik untuk memberikan pengarahan kepada mereka tetapi kami belum melihat mereka "menghadapi" masalah, atau mungkin mereka justru tidak menyadari masalah tersebut ? Mengingat dari pengamatan kami, stand mereka kurang dilirik oleh para pengunjung.

Seharusnya kami mengusung 2 binaan komunitas kreatif kami, yaitu komunitas kartunis dan magician, tetapi ketika kami pelajari benar banyak target audience and lokasi stand yang kurang menguntungkan untuk mereka maka kami batalkan dan lebih memilih binaan yang menjual dan memprodusi produk barang. Mungkin di lain kesempatan kami bisa memberikan fasilitas kepada teman-teman seniman kami.