Laman

  • Home

Sabtu, 29 Oktober 2016

5 Pelajaran Bisnis dari Jacqueline Gold, 5 Hal Yang Pasti Ingin Anda Tahu.

Siapa Jacquelline Gold ?

Jacqueline Summers Gold, CBE (lahir 16 Juli 1960) adalah seorang pengusaha wanita Inggris yang menjadi Chief  Executive dari Gold Group International

Jacqueline Gold adalah pengusaha wanita dari Inggris yang lahir dari kultur pebisnis ayahnya, David Gold. Meskipun banyak menghadapi perjalanan berat dalam hidupnya baik kegagalan pernikahan dan pelecehan seksual, namun saat ini Jacqueline Gold mampu menepis semua itu dengan karir gemilangnya dalam dunia usaha.

Yang menarik dari apa yang disampaikan Jacqueline Gold saat ini adalah bahwa "kurang pengalaman bisnis" justru bisa menjadi keuntungan, inilah yang dia sampaikan dalam VOOM Podcast belum lama ini.


Mengapa kurangnya pengalaman bisnis dapat menjadi keuntungan ?

Apa Jacqueline telah melalui dan bagaimana dia melanjutkan hidupnya ? Mengapa Anda tidak harus selalu memikirkan diri sendiri sebagai "wanita" ketika melakukan bisnis
?Inilah yang dapat kita pelajari dari Jacqueline Gold, salah satu pengusaha paling sukses di Inggris.

1. Kembali pada "Langit Biru" (Blue Sky) Anda. 

"Seharusnya tidak ada batasan untuk ambisi Anda", Jacqueline kata. Dan dia telah membuktikannya. Jika Anda berpikir dari "langit biru" Anda - mengenai masa depan anda yang ideal, rencana sempurna anda - dan kemudian bekerja kembali dari cita-cita anda tersebut, maka ambisi anda bisa lebih mendekati batas daripada sebelumnya. 

Ide ini, tentu saja, mengenai pemikiran dan antisipasi apa yang akan terjadi dalam perjalanan anda sehingga anda tahu bagaimana untuk menghadapinya - bahkan jika itu sesuatu yang tidak bisa selalu dikendalikan.  

Jika anda akan merencanakan, jika anda akan bermimpi, apa alasan yang ada untuk tidak bermimpi "langit biru" anda (sesempurna mungkin) ?Juga, hambatan dari "langit biru" anda, sekarang anda sekarang pikirkan: Apakah mereka nyata ? Atau apakah anda hanya memikirkan mereka? 

Teman-teman UMKM, maksud dari hal ini adalah bahwa kita tidak harus membatasi apa yang menjadi cita-cita kita, bahkan kita harus membangun sebuah cita-cita yang sempurna seperti sebuah langit yang biru, tetapi pikirkan juga bahwa cita-cita itu harus riil dan dapat dicapai sebagai sebuah visi dalam usaha. 

2. Kurangnya Pengalaman Bisnis Dapat Menjadi Keuntungan.Jacqueline Gold berpikir bahwa dia memiliki kelemahan besar ketika ia pertama kali mulai bekerja di Ann Summers pada usia 21, dia benar-benar tidak memiliki pengalaman bisnis sama sekali. Tapi justru hal ini ternyata menjadi kekuatan terbesar dan keunggulan kompetitif yang paling penting.

Mengapa? Karena dengan "kurangnya pengalaman bisnis dia dipaksa mengandalkan umpan balik dari pelanggan." Dia tidak hanya menginginkan umpan balik - tetapi memang ia membutuhkannya, karena dia tidak tahu apa-apa. 

Anda mungkin ingin memulai dan menjalankan bisnis, akankah bisnis memiliki pelanggan? Apakah pelanggan membutuhkan apa yang ingin anda tawarkan? Hanya ada satu cara untuk mencari tahu. 

Temukan pelanggan itu, kenali apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan melakukan komunikasi umpan balik yang bisa membantu anda menjawab pertanyaan di atas. 

 3. Data yang Terbaik Adalah Bisnis yang Sukses."Kami menjalankan bisnis perencanaan pesta yang sangat sukses yang tumbuh 20% dibanding tahun lalu."  Ini adalah data.

Dan itu sebabnya dia memperluas bisnis dengan membuka toko Ann Summers.
 

Sekali lagi, poin nomor dua datang dalam perjalanan: dia melihat dan mendengarkan umpan balik pelanggan. Jika bisnis tumbuh pada 20%, itu adalah indikasi yang cukup baik untuk anda bisa memperluas bisnis. Tentu saja hal ini masih beresiko, tapi anda harus kurangi resiko tersebut daripada hanya dengan menebak, atau memperluas hanya karena anda ingin. 

Jadi data terbaik adalah bukti bahwa bisnis tersebut benar-benar tumbuh 20%.4. Lanjutkan, meskipun jika ...Dari semua pengalaman hidupnya yang cukup berat, tidak dari semua itu bisa menghentikan Jacqueline Gold untuk berhenti. Mulai dari ditahan, ditembak, pelecehan seksual dan semua pengalaman hidupnya di masa lalu, semuanya tidak bisa menghentikan Jacqueline Gold untuk menggapai cita-citanya.
 
Jadi, apa alasan anda untuk berhenti ? Apakah anda telah ditangkap, atau telah ditembak atau telah diperdaya oleh sekelompok orang yang cuma omong kosong ? Apakah hal tersebut bis menghentikan anda ? Life must go on, dan cita-cita yang telah anda bangun harus anda kejar.

Ini seperti Jacqueline mengatakan: "jangan biarkan hambatan yang menghambat jalan kesuksesan utama anda".5. Jangan Berpikir Tentang Menjadi Seorang Wanita - bukan, tetapi Anda Tahu Anda Memiliki Sesuatu yang Bisa Ditawarkan.  

Memulai bisnis atau memanjat tangga di sebuah perusahaan merupakan tantangan yang berbobot dan mendukung laki-laki. Jadi bagaimana nasihat yang akan Jacqueline berikan untuk seseorang yang mendapati hal itu sulit untuk melaluinya ?"Bergabung dengan grup jaringan - karena hal itu bisa memberdayakan untuk melihat wanita lain berbicara tentang kesuksesan mereka."Ada banyak contoh wanita seperti Jacqueline di luar sana yang telah mencapai sukses yang luar biasa, dan jika ada saran akhir dia akan berikan - dalam hal karir dan jaringan - maka hal itu adalah: "Berhenti meragukan diri sendiri".

Demikian sharing dari seorang Jacqueline Gold yang bisa menginspirasi dan memotivasi para pelaku usaha (UMKM), terutama para wanita yang selalu butuh motivasi dari sesama.