Laman

  • Home

Jumat, 09 September 2016

Berita Dari Oslo : Pertemuan Maraton DPR RI di Oslo Guna Memperkokoh Hubungan RI-Norwegia

Kunjungan DPR RI Ke Norwegia
DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon telah melakukan kunjungan muhibah ke Norwegia tanggal 5-9 September 2016.Anggota delegasi yaitu Tuti N. Roosdiono (Komisi 1 – F. PDI-P), Darori Wonodipura (Komisi IV – F. Gerindra), DarizalBasir (Komisi 1 – F. Demokrat), YandriSusanto (Komisi 2 – F. PAN) dan Mukhtar Tompo (Komisi 7 – F. Hanura) serta Wakil Rektor UI Prof. Bambang Wibawarta. Selama kunjungan di damping oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto.

Selama berada di Norwegia, delegasi DPR RI memiliki jadwal pada tsejak ketibaan di Oslo dan telah melakukan berbagai pertemuan marathon dengan berbagai pejabat tinggi Norwegia yaitu Ingjerd Schou, Vice President of the Storting (Parlemen); Roy Angelvik, State Secretary Ministry of Trade, Industry and Fisheries; Ingvil Smines Tybring-Gjedde, State Secretary Ministry of Petroleum and Energy; Tone Skogen, State Secretary Ministry of Foreign Affairs; TerjeHalleland, State Secretary Ministry of Agriculture and Food;PĆ„lHaremo, Vice President Exploration Statoil ASAdanKyrre Lohne, Vice President Strategic Communication Kongsberg Defence and Aerospace bersama pejabat-pejabat senior lainnya dari institusi-institusi di Norwegia termaksud.

Kunjungan delegasi DPR RI ini menghasilkan berbagai komitmen kuat oleh berbagai pihak di Norwegia untuk meningkatkan hubungan RI-Norwegia. Keinginan untuk terus meningkatkan kerja sama antara RI dan Norwegia, tidak hanya antar pemerintah namun juga antar Parlemen ditekankan oleh Wakil Ketua DPR RI,Fadli Zon,dalam pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Norwegia, Ingjerd Schoudan Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Tone Skogen. Dubes Yuwono pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa hubungan RI-Norwegia dalam beberapa tahun terakhir ini semakin meningkatdan menguat yang ditandai dengan saling kunjung dan pertemuan-pertemuan antara kepala pemerintahan, menteri-menteri, pejabat-pejabat tinggi politik, pejabat-pejabat teknis maupun perusahaan-perusahaan negara dan swasta baik dari pusat maupun daerah.

“Hubungan riil dan kerjasama antara Indonesia dan Norwegia sangat baik dan terus menguat ini telah diwadahi dalam Komisi Bersama Tingkat Menteri Luar Negeri kedua negara, yang telah berjalan sejak tahun 2015 baik di bidang HAM, pertahanan, maritime dan perikanan,energi, perdagangan, kehutanan dan lingkungan khususnya dalam skema REDD+ dimana Norwegia memberikan dana sebesar 1 milyar USD dan pendidikan. Kerjasama yang kuat kedua negara ini juga dilakukan di tataran regional ASEAN dan tataran internasional PBB. Untuk memperkuat hubungan antar Parlemen kedua negara, Indonesia dan Norwegia dapat membentuk kaukus semacam friendship group di masing-masing Parlemen. Dengan demikian, kunjungan DPR RI kali ini semakin memperkokoh dan melengkapi hubungan riil RI-Norwegia” tutur Dubes Yuwono.

Lebih lanjut, kerja samadi bidang maritim dan perikanan (aquaculture) serta energi juga menjadi salah satu perhatian khusus dari delegasi DPR RI ke Norwegia ini. Dalam pertemuan dengan State SecretaryMinistry of Trade, Industry and Fisheries, Roy Angelvik, delegasi RI memberikan apresiasi yang tinggi kepada upaya Norwegia dalam kerjasama memerangi Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF).

Juga disampaikan mengenai dorongan dan dukungan terkait kerjasama Hydropower RI-Norwegia guna memperkuat pembangunan sumber-sumber energy alternative di Indonesia pada saat pertemuannya dengan State Secretary – Ministry of Petroleum and Energy, Ingvil Smines Tybring-Gjedde.

“Indonesia merupakan salah satu importer besar ikan salmon Norwegia, yaitu sekitar 2.800 ton/tahun, serta komoditas laut lainnya. Sebaliknya tahun 2015, Norwegia mengimpor sekitar 212 ton produk-produk laut dari Indonesia utamanya udang. Kami mendorong terus agar produk-produk laut lainnya dari Indonesia lebih banyak lagi yang bisa diekspor ke Norwegia. Dalam kaitan ini, kami akan ikut dalam pameran wisata internasional terbesar Norwegia yaitu Reiselivsmessenbulan Januari 2017 di Oslo dengan tema maritim. Dalam pameran tersebut, kami akan memanfaatkan untuk sekaligus eksebisi produk-produk laut dari Indonesia. Untuk itu kami mengajak pemerintah pusat dan daerah serta swasta terkait untuk mendukung pameran tersebut. Tentunya kita semua berharap bahwa peningkatan kerja sama yang sudah terjalin baik ini tidak hanya pada sisi kuantitas namun juga kualitasnya” lanjut Dubes Yuwono.

Dalam pertemuan dengan perusahaan minyak negara Statoil dan industri alutsista negara Kongsberg Defence and Aerospace, disampaikan dukungan atas proyek eksplorasi Statoil di Indonesia termasuk pengembangan sumber-sumber energi alternaif lainnya dan kerjasama produk-produk pertahanan teknologi tinggi melalui transfer of technology yang ditawarkan oleh Kongsberg Defence and Aerospace.

Kunjungan muhibah DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bersama 5 (lima) Anggota DPR RI lintas Komisi dan lintas Fraksi ke Norwegia ini semakin memperkuat dan meningkatkan hubungan bilateral, termasuk kerja sama antar parlemen  kedua negara. Kunjungan inisecara positif juga telah berhasil membangun networking dengan mitra di Norwegia sekaligus diperolehnya komitmen-komitmen baru terkait bidang-bidang lain yang mempunyai potensi untuk dikembangkan bersama RI-Norwegia.

Dokumentasi