Laman

  • Home

Selasa, 14 Juni 2016

Temanggung, Perburuan Produk UMKM Untuk UKM Pangan Award 2016

Mengenal Potensi Produk Pangan Kabupaten Temanggung
 
Mendampingi team "Pemburu Produk Pangan Olahan" yang layak untuk diajukan dalam UKM Pangan Award 2016 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah ke Kabupaten Temanggung kami awali dengan mengunjungi UMKM Center Kabupaten Temanggung. Beberapa produk UMKM kami coba review dan kurasi kemasannya untuk bisa kami ajukan dalam UKM Pangan Award 2016, tentunya nanti juga akan kami review mengenai kualitas produk dan cita rasanya. Hanya karena perburuan ini kami lakukan di bulan puasa, maka review cita rasa belum bisa kami lakukan.


Produk Beras Jagung, Abon Kor, Kripik Ikan Nila dari Temanggung.

Produk Minuman Herbal dan Kacang Koro Pedang.
Selain produk-produk di atas, kami juga menemukan beberapa produk olahan kopi yang sudah cukup menarik kemasannya. Karena memang kabupaten ini terkenal sebagai kabupaten penghasil kopi di Jawa Tengah.

Kami berharap dengan kurasi kemasan yang kami lakukan dalam waktu dekat teman-teman UMKM di Temanggung bisa segera melakukan perbaikan kemasan untuk bisa mengikuti seleksi UKM Pangan Award 2016 nanti. Beberapa kurasi yang kami lakukan adalah mengenai pemilihan bahan baku kemasan yang kurang tebal dan kurang menarik bentuk dan ukurannya. Desain grafis yang masih sangat sederhana perlu dipoles kreativitasnya agar lebih "menjual" termasuk bagaimana memenuhi space kemasan yang masih terlihat "kosong". Informasi-informasi wajib yang ada di kemasan termasuk legalitasnya juga tidak luput dari kurasi kami.

Beberapa UMKM kurang "berani" menampilkan merk mereka, dan kurang jelas menginformasikan nama dan jenis produk mereka sehingga membuat kemasan tersebut kurang komunikatif dan kurang menarik ketika didisplay di rak-rak penjualan.

Kendala yang dihadapi oleh UMKM Temanggung adalah kurangnya ketersediaan pemasok kemasan dan desain kemasan di Kabupaten Temanggung, sehingga mereka harus mencari pemasok dari Magelang, Semarang, Solo dan Yogya. 

UMKM Center Kabupaten Temanggung di Jl Pemuda Temanggung.

UMKM Center sekaligus pusat oleh-oleh khas Temanggung.


Produk Kerajinan Kabupaten Temanggung

Setelah selesai dengan produk pangan, kami sempatkan juga melihat-lihat potensi kerajinan dari Kabupaten Temanggung yang banyak didominasi produk kejinan kayu, anyaman (tas), batik dan resin. Beberapa produk yang menarik bagi kami adalah produk bubutan kayu yang sudah cukup baik kualitasnya. Pastinya untuk masalah desain masih perlu untuk pembinaan dan interaksi dengan pasar lebih lanjut.


Produk Kerajinan Kabupaten Temanggung.

Produk Tas Anyaman Dari Kabupaten Temanggung.

Produk Tas Anyaman dari Kabupaten Temanggung.

Produk Tas Anyaman Kota Temanggung.
 
Untuk produk batik Temanggung yang punya ciri khas tersendiri sebenarnya sudah bisa dipromosikan dan dipasarkan lebih luas. Sementara untuk produk tas anyaman, kami masih perlu mereview penggunaan bahan baku kulit tiruannya yang masih "agak keras" dan kurang nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Alternatif solusinya adalah penggantian material tas dengan kulit berkualitas baik atau kulit sintetis yang berkualitas. Dengan penggantian bahan tersebut berkombinasi dengan anyaman serta pemilihan hardware yang berkualias, kami yakin pemasaran untuk produk ini bisa diperluas lagi.

Semoga ke depan, kami bisa bekerjasama dengan Disperindagkop setempat untuk memberikan pelatihan dan pembinaan UMKM di Kabupaten Temanggung, dan tentunya kami akan melibatkan Kadin Kabupaten Temanggung untuk pembinaan UMKM di sana.