Laman

  • Home

Sabtu, 14 Mei 2016

GetAsean.Com, Upaya Kadin Jateng Mendorong UMKM Ekspor


GetAsean.Com, UMKM Go Ekspor !
Tidak mudah memahamkan UMKM yang berorientasi ekspor dengan teknologi informasi terbaru, yaitu eCommerce yang bisa diakses melalui smart phone. Hal ini yang kami hadapi selama kami melakukan sosialisasi GetAsean.Com kepada UMKM di Jawa Tengah yang produknya berorientasi ekspor. 

Banyak di antara mereka "ingin" ekspor, banyak yang ingin ekspor "tanpa" melalui eksportir maupun agen atau mereka ingin ekspor sendiri tetapi tidak tahu bagaimana mencari pasar, banyak yang ingin ekspor tapi mereka tidak tahu persyaratan yang diperlukan atas produknya dan prosedur ekspornya. Dan banyak keinginan lain yang tentunya perlu "disesuaikan" dengan kondisi mereka saat ini. 

Apakah memang produk mereka sudah memenuhi standard kualitas ekspor, apakah produnya sudah memenuhi persyaratan ekspor dari negara target, apakah kapasitasnya sudah mampu untuk ekspor dengan dibatasi waktu produksi tertentu dan apakah mereka sudah cukup kuat finansialnya ? 

Ingin boleh, tetapi apakah memang mereka sudah "butuh" ekspor ? 

Kadin Jateng dengan program Rumah UMKM, salah satunya memiliki tugas untuk membantu akses pasar ekspor bagi produk asli Jawa Tengah. Bahkan lebih dari itu, Kadin Jateng merintis eCommerce GetAsean.Com untuk mempromosikan produk UMKM Jawa Tengah sekaligus memasarkan produk tersebut ke luar negeri.

Tetapi justru kendala kami adalah di sisi UMKM-nya sendiri, meskipun telah kami sosialisasikan bahwa pendaftaran GetAsean.Com pun gratis, tetap saja mereka tidak responsif dalam melakukan pendaftaran dan pengiman produk dan proposal produknya. Hal inilah yang menjadi keprihatinan kami, karena di sisi lain "teriakan" di luar cukup keras dalam menyuarakan agar Kadin Jateng ikut berkiprah dalam membantu promosi dan pemasaran produk asli Jawa Tengah.

Kami telah ada fasiltasnya, dan kami berikan gratis kepada UMKM yang mau bergabung dengan Kadin Jateng. Bahkan keanggotaan Kadin Jateng pun sangat murah bagi UMKM, yaitu Rp 100rb per tahun, tetapi itu pun kurang mendapatkan respon yang aktif dari UMKM itu sendiri.

GetAsean.Com akan terus kami sosialisasikan, agar UMKM di Jawa Tengah segera ikut bergabung.

Meskipun menghadapi berbagai kendala di lapangan, kami tetap bertekad untuk terus melakukan sosialiasi GetAsean.Com kepada UMKM di Jawa Tengah. Pada hari Rabu 19 Mei 2016 mendatang kami akan melakukan sosialisasi kami di Kota Magelang.

Sementara itu, kami juga  terus berupaya untuk menggalang sponsor guna mengembangkan program eCommerce GetAsean.Com ini, setidaknya sponsorship dalam pelaksanaan roadshow sosialiasi GetAsean.Com ini kepada UMKM di seluruh Jawa Tengah. Kami sangat terbuka dalam hal sponsorship, dengan teman "UMKM Go Ekspor !".

Meskipun progress GetAsean.Com dalam beberapa bulan terakhir sempat stagnan, tetapi kami yakin dalam bulan Mei dan Juni ini kami akan bisa melakukan akselerasi progress dengan berbagai rencana program "business matching" kami dengan para buyer dari berbagai negara.

Respon aktif dari UMKM itu sendiri juga merupakan suntikan akselerasi progress bagi kami, karena dengan banyaknya "offer to sell" maka eCommerce ini akan menyajikan keberagaman produk Jawa Tengah yang menarik bagi buyer. Semakin banyak produk yang digelar, maka semakin banyak daya tariknya bagi pencari produk di dunia maya.

Kami berharap produk-produk makanan dan minuman berkemasan standard ekspor bisa segera gabung dengan GetAsean.Com karena banyaknya permintaan produk makanan dan minuman unik dari Jawa Tengah. Produk perabot makan dari kayu, keramik dan handicraft lainnya juga merupakan produk-produk yang sedang dicari saat ini.

Produk mebel kualitas ekspor akan selalu menjadi daya tarik Jawa Tengah, di samping produk-produk unik lainnya yang menjadi ciri khas Jawa Tengah. 

Ayo segera bergabung dengan GetAsean.Com dan sukseskan UMKM Go Ekspor !