Laman

  • Home

Senin, 30 Mei 2016

Berita dari Rumania: KBRI Menggelar Piata Indonezia

KBRI Bucharest menggelar “Piaţa Indonezia”,  festival kesenian tradisional dan produk Indonesia  di Bucharest, Rumania

Pemukulan GONG oleh Duber RI Rumania Sebagai Pembukaan Acara
Hentakan akan musik gamelan Bali yang dinamis mengiringi gemulainya para penari diatas panggung “Piaţa Indonezia”, festival budaya dan produk Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Bucharest bekerjasama dengan komunitas Indonesia di Romania pada Sabtu, 28 Mei 2016. Sekitar 1500 pengunjung hadir pada penyelenggaraan Piaţa Indonezia yang kedua ini. 

Mengusung tema “Experience Summer in Bucharest”, Piaţa Indonezia tahun ini berusaha membawa hangatnya suasana Bali ke kebun belakang KBRI Bucharest, lokasi penyelenggaran festival Indonesia dimana sebuah panggung berukuran besar menjadi pusat perhatian pengunjung diantara berbagai standproduk dan makanan Indonesia yang ditawarkan.

“Luar biasa gerakan gemulai para penari di panggung, musik dan gerakannya benar-benar menghipnotis penonton” ujar salah satu pengunjung yang mengaku sangat terpukau dengan tarian dan kesenian yang ditampilkan di panggung “Piaţa Indonezia”.

Selain tari-tarian yang berasal dari Bali, ditampilkan juga tarian asal Jawa Barat yang tidak kalah dinamisnya. Komunitas Indonesia memamerkan kekompakannya melalui pertunjukkan angklung yang unik dan menarik. Tidak ketinggalan, demonstrasi pencak silat oleh cabang perguruan Bangau Putih yang ada di Romania. Diakhir acara, semua panitia dan pengunjung diajak untuk goyang poco-poco bersama yang disebut sebagai Indonesia flash mob.

Dalam rangka mempromosikan produk-produk Indonesia, pengusaha-pengusaha dari Indonesia turut meramaikan standPiaţa Indonezia tahun ini. Berbagai produk asli Indonesia seperti kopi, kerajinan tas dan sepatu, kerajinan kulit, makanan dan minuman kemasan yang nampak ramai dipadati oleh pengunjung.

Selain kesenian dan produk khas Indonesia, tentunya pengunjung juga disuguhi berbagai makanan khas Indonesia antara lain sate ayam dan kambing, nasi goreng, nasi Bali, rendang, bakso, siomay, gorengan, rempeyek kacang dan teri, dadar gulung, es teler dan masih banyak lagi.

“Makanan Indonesia terkenal enak, saya paling suka sate ayam yang gurih dan beraroma” kata seorang pengunjung yang datang bersama keluarganya.

“Piaţa Indonezia” bertujuan sebagai ajang promosi kekayaan budaya serta pariwisata dan ekonomi Indonesia kepada publik Romania. Masyarakat Romania selalu antusias dengan berbagai gelaran penampilan budaya Indonesia yang dinilai sangat unik dan berbeda dari yang biasa mereka lihat di Romania” ujar Dubes RI Bucharest, Diar Nurbintoro pada kesempatan tersebut.

Selain berpartisipasi dalam Piaţa Indonezia, para pengusaha yang datang dari Indonesia akan melakukan pameran produk pada TIBCO (International Fair for Consumer Goods Bucharest) pada tanggal 2 – 5 Juni 2016 di RomExpo di bawah koordinasi KBRI Bucharest.

Foto-foto dukumentasi kegiata Piata Indonezia: 

Pembukaan Acara Piata Indonezia oleh Dubes RI untuk Rumania, Diar Nurbintoro

Seluruh pengisi acara Piata Indonesia di atas panggung setelah parade pembukaan.

Riuhnya pengunjung menonton pertunjukkan angklung yang memainkan lagu Romania

Demonstrasi pencak silat oleh perguruan Bangau Putih cabang Romania

Stand makanan Indonesia diserbu pengunjung yang penasaran dengan aroma makanan Indonesia yang sedap

Nasi goreng ludes di beli pengunjung
Berfoto di photo booth Piata Indonezia yang bertemakan Pulau Bali.