Laman

  • Home

Jumat, 25 Maret 2016

Tidak Ada Libur Bagi UMKM : Belajar Produksi Cooking Video

Harus Selalu Ada Yang Baru

Menjadi kreatif, adalah sebuah tuntutan wajib bagi seorang entrepreneur agar tetap terus eksis dalam persaingan yang semakin ketat. Bukan hal yang mudah, apalagi harus selalu konsisten untuk tetap kreatif. Tetapi begitulah adanya tuntutan bisnis saat ini, jika tidak ada invoasi dan kreativitas maka hanya tinggal menunggu waktu untuk digeser oleh pesaing-pesaing kita.

Mungkin benar adanya, bahwa UMKM tidak mengenal libur karena justru hari libur adalah waktu yang potensial untuk mengembangkan kreativitas, networking dan juga peluang pasar. Begitu juga apa yang kami lakukan pada hari Jumat "merah" ini, liburan ini kami manfaatkan untuk belajar membuat sesuatu yang baru, berkolaborasi dengan teman-teman berbeda bisnis dan membuka peluang pasar baru.

Berkolaborasi dengan Katalis Media, IKITAS (Inkubator Kreasi & Inovasi Telematika Semarang), DiahDidi.Com belajar bareng membuat Cooking Video di Studio Masak DiahDidi.Com. Pilot project ini akan menjadi permulaan dalam mengembangkan pasar video masak DiahDidi.Com setelah cukup dikenal dengan food blog-nya. 







 
Selain itu, pembelajaran awal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan team video maker pro UMKM dalam rangka membangun media promosi video untuk UMKM. Pembuatan video ini adalah sebagai latihan awal untuk membentuk team video maker yang solid dalam mempromosikan produk-produk UMKM melalui promosi online yang lebih interaktif.

Team Video Maker

Tuntutan yang besar dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM dari berbagai pihak memaksa Rumah UMKM harus membentuk team promosi yang solid, terutama team yang mampu memproduksi sarana promosi yang lebih interaktif, yaitu video promosi. Team ini telah kami bangun bersama dengan Katalis Media dan IKITAS ditambah beberapa praktisi independen lain yang telah berpengalaman dalam produksi video.

Dengan terbentuknya team ini maka harapan kami untuk bisa menyajikan promo produk UMKM yang lebih profesional bisa terwujud. Meskipun usaha skala UMKM, tetapi promosinya harus skala industri. 

Sementara itu kami juga secara perlahan dan bertahap menyadarkan pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk sadar promosi, karena promosi adalah upaya kita memperkenalkan produk kita kepada masyarakat yang lebih luas dan juga mengenalkan brand produk kita. 

Setelah latihan kerja bareng ini selesai, Rumah UMKM bisa mengatakan bahwa team video maker Rumah UMKM telah siap untuk berkiprah membantu promosi UMKM Jawa Tengah dengan biaya yang terjangkau. Kita semua UMKM, dan kita akan saling membantu.